SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi: Wanita bisa menghalau bau badan dengan cara alami dan mudah. (yoramyasur.com)

Ada cara mudah untuk mengusir bau badan

Solopos.com, SOLO-Tidak sedikit wanita menghalau bau badan dengan cara menyemprotkan deodoran atau parfum. Sayangnya, hal itu tidak akan menyelesaikan permasalahan bau badan itu sendiri. Padahal ada cara alami dan mudah untuk menghalau bau badan. Untuk bisa menghilangkannya, penting untuk tahu kapan bau badan sering muncul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mandi yang tidak bersih atau jarang mandi bisa menyebabkan bau yang tidak sedap dari kelenjar apokrin, yang terletak di ketiak, alat kelamin, dan sekitar puting. Begitu juga pada kelenjar ekrin yang ada di ketiak, tangan, dan kaki, ketika berinteraksi dengan bakteri kulit.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk mencegah bau badan sekaligus keringat berlebihan, simak empat trik mudah berikut ini, seperti dikutip dari Medical Daily, belum lama ini:

Mencukur bulu ketiak
Banyak bulu di ketiak bisa menciptakan area yang lembab untuk bakteri. Bulu dan rambut itu mudah mnyerap bau dan bahkan bisa memperlambat eveporasi keringat.

Bulu ketiak akan membuat bau terperangkap. Salah satu dokter di The Beinetre Center di Phoenix, AS, Jennifer Burns, menyarankan mencukur bulu ketiak secara teratur sehingga bakteri tidak akan terperangkap di sana.

Mengganti sepatu
Kesalahan umum yang sering terjadi adalah berpikir bau badan berasal dari ketiak. Namun salah satu bau yang paling menyengat di tubuh sebenarnya datang dari kaki.

Mengganti sepatu akan memungkinkan mereka untuk terpapar udara dan bisa mencegah bau terkonsentrasi di satu area. Hal ini juga akan memangkas bakteri yang ada di sepatu.
Aturan nomor satu menurut Burns yaitu semua orang harus mengganti sepatu mereka setiap setelah digunakan sejauh 800 km.

Gunakan cuka
Cuka, baik itu cuka apel atau cuka putih, bisa membantu menurunkan kadar pH di kulit sehingga mendapatkan kondisi antibakteri. Mehmet Oz dari The Dr Oz Show merekomendasikan pengobatan rumahan ini karena bakteri tidak bisa bertahan dalam kondisi asam, dan bau akan hilang.

Pilihan terbaik adalah dengan memercikkan cuka ke area ketiak tepat sesudah mandi, namun hal ini tidak boleh dilakukan setelah Anda mencukur bulu ketiak. Cara ini aman selama kulit tidak sedang lecet atau ada luka terbuka.

Gunakan tea tree oil
Tea tree oil adalah alat sterilisasi alami, bisa dioleskan pada ketiak karena bersifat antiseptik. Mereka akan menurunkan kadar pH pada kulit, sehingga membuat bakteri tidak mungkin bertahan. Langsung mengoleskan tea tree oil pada kulit bisa berguna sebagai pengganti deodoran. Untuk mereka yang banyak berkeringat, disarankan untuk mengoleskan tea tree oil setidaknya empat kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya