SOLOPOS.COM - Ilustrasi bibir kering (Youtube)

Tips kecantikan tentang empat hal yang membuat bibir kering makin parah.

Solopos.com, SOLO – Bibir pecah-pecah merupakan kondisi buruk yang membuat wanita panik. Bukan hanya menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, kondisi ini membuat penampilan kurang menarik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ada banyak hal yang membuat bibir pecah-pecah. Mulai dari cuaca panas, kebiasaan menggigit bibir, memakai lipstik matte, sampai kurang minum dan vitamin C. Kebanyakan wanita biasanya mengoleskan pelembap bibir untuk mengatasi kondisi ini. Tapi, faktanya hal itu tidak bisa mempercepat proses penyembuhan.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang justru memperburuk kondisi bibir pecah-pecah. Mau tahu? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Pop Sugar, Kamis (14/9/2017), di bawah ini:

Mengoleskan lip balm

Memakai lip balm sama sekali tidak membantu proses penyembuhan bibir kering dan pecah-pecah. Mengaplikasikan pelembap secara terus menerus justru membuat bibir semakin kering. Sebab, bibir yang kering lebih sensitif terhadap bahan kimia.

Memakai lipstik terlalu lama

Pemakaian lipstik dalam waktu lama juga memperburuk kondisi bibir kering. Lipstik mengandung bahan kimia keras yang membuat bibir makin sensitif. Sebaiknya, hindari pemakaian lipstik matte saat bibir dalam kondisi kering. Pilihlah lipstik satin yang mengandung lebih banyak pelembap.

Menjilati bibir

Kebanyakan orang biasanya akan menjilati bibir saat terasa kering. Bahkan, ada beberapa orang yang nekat menggosok bibir untuk mengangkat sel kulit mati. Padahal, cara itu akan memperparah kondisi bibir. Menggosok bibir akan membuatnya iritasi dan lebih sensitif.

Mengonsumsi makanan pedas

Hindari makanan pedas saat bibir dalam kondisi kering dan pecah-pecah. Rasa pedas menimbulkan sensasi terbakar yang memperparah kondisi bibir. Selain itu, hindari pula makanan yang panas karena memperparah peradangan.

Itulah beberapa hal yang memperparah kondisi bibir kering. Hindari semua hal itu jika bibir Anda sedang mengalami masalah. Jika ingin cepat sembuh, oleskan mentega pada bibir saat sedang bersantai. Kandungan alami dalam mentega mempercepat penyembuhan dan membuat bibir lebih lembap. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya