SOLOPOS.COM - Ilustrasi membersihkan wajah (Howstuffswork)

Ilustrasi membersihkan wajah (Howstuffswork)

Mencuci muka merupakan salah satu aktivitas penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Namun masih banyak orang yang tidak paham mengenai cara mencuci muka dengan baik dan benar, kalau salah dalam melakukannya bisa menyebabkan kulit muka menjadi kusam bahkan mengundang jerawat.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Berikut tips sederhana mencuci muka dengan baik dan benar seperti dilansir dalam laman Wikihow.

1. Ikat rambut sebelum mencuci muka. Hal ini bertujuan supaya rambut tidak mengganggu ketika Anda melakukan proses pembersihan pada kulit muka. Selain itu, rambut juga bisa mengalami kerusakan apabila terkena sabun pencuci muka karena kandungan kimia yang tidak cocok.

2. Basahkan dengan air hangat. Membasuh wajah dengan air hangat sebelum melakukan pembersihan sangat berguna agar pori-pori muka dapat terbuka sehingga memaksimalkan proses pembersihan. Sebaiknya hindari air dingin karena efek yang dihasilkan tidak sebaik air hangat dan jangan langsung mengeringkan kulit muka setelah dibasuh dengan air hangat.

3. Perhatikan sabun muka. Sabun muka yang Anda pilih harus yang sesuai dengan jenis kulit muka Anda, karena masing-masing produk memiliki kandungan yang berbeda-beda. Sebaiknya hindari pemakaian produk pembersih wajah secara berlebihan, pilih 1 atau 2 produk saja.

4. Bersihkan sisa sabun di bagian penting. Membersihkan sabun yang ada di muka memang perlu perhatian khusus. Bilas muka dengan perlahan dan perhatikan bagian-bagian seperti telinga, hidung, dan leher yang sering meninggalkan sisa sabun. Sisa sabun yang tertinggal di wajah dapat menimbulkan kotoran sehingga sangat berbahaya bagi kulit muka.

5. Keringkan muka dengan handuk bersih dan lembut. Mengeringkan muka setelah dibersihkan merupakan hal yang wajib. Sisa sabun serta kotoran yang tertinggal dapat dibersihkan secara menyeluruh pada bagian ini. Perhatikan handuk yang Anda gunakan, sebaiknya jangan terlalu mengusap muka dengan keras dan cepat karena bisa menyebabkan kerutan.

6. Gunakan pelembap di bagian akhir. Menggunakan pelembab setelah membersihkan muka memang tidak memberikan efek lebih bersih dan steril. Namun hal ini dapat memberikan efek positif yaitu menjaga kelembapan muka agar tetap sehat. Perhatikan produk pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya