SOLOPOS.COM - Ilustrasi rambut rontok (Healthmeup.com)

Tips kecantikan ini membahas bahaya terlalu keramas.

Solopos.com, SOLO — Bagi sebagian orang, keramas adalah kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman, rambut yang berminyak dan bau juga mudah ditumbuhi ketombe bahkan mengundang kutu bersarang. Tapi, tahukah Anda terlalu sering keramas justru merusak rambut?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut beberapa kerusakan rambut akibat terlalu sering keramas yang dilansir laman Boldsky, Kamis (27/10/2016).

Rambut rontok
Masalah umum yang disebabkan akibat terlalu sering keramas adalah kerontokan rambut. Hal itu terjadi lantaran  berbagai bahan kimia yang terkandung dalam sampo membuat rambut rapuh dan mudah rontok. Di samping itu, akar rambut pun akan melemah ketika rambut sering dibasahi.

Rambut kering dan bercabang
Bukannya bersih, terlalu sering keramas justru membuat rambut menjadi kering dan bercabang. Hal itu terjadi karena minyak alami yang dihasilkan kulit kepala hilang ketika rambut dicuci dengan sampo. Padahal, minyak alami sangat diperlukan untuk menjaga kelembapan rambut serta  membuatnya tampak sehat dan berkilau secara alami

Memicu ketombe
Ketombe adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kepala dan menimbulkan rasa gatal. Ketombe yang berlebihan dapat muncul karena terlalu sering keramas. Sebab, mencuci rambut dengan sampo menyebabkan kulit kepala kering yang memicu munculnya ketombe.

Untuk menjaga kesehatan rambut, sebenarnya bisa Anda cukup keramas sebanyak dua kali dalam sepekan. Perhatikan juga kebersihan rambut, jika sudah terasa sangat berminyak, segeralah keramas. Pilihlah sampo yang cocok dengan kondisi rambut. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya