SOLOPOS.COM - Ilustrasi jerawat (Medscape.org)

Tips kecantikan kali ini mengulas soal beberapa hal yang bisa membuat wajah berjerawat.

Solopos.com, JAKARTA — Kulit cantik adalah kulit yang bebas dari jerawat. Lalu, apa saja sebenarnya yang bisa menyebabkan jerawat pada wajah?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip Solopos.com dari Liputan6, Jumat (23/10/2015), spesialis kulit Bamed Skin Care, dr. Adhimukti T. Sampurna, ada empat faktor yang bisa membuat kulit wajah rentan berjerawat.

Ekspedisi Mudik 2024

Simak ulasan empat faktor penyebab jerawat, berikut ini;

1. Suhu Panas dan Kelembapan Tinggi
Suhu tropis di Indonesia cenderung meningkatkan produksi keringat. Hal inilah yang lantas meningkatkan risiko infeksi kulit, terutama oleh jamur. Aktivitas kelenjar keringat yang tinggi akan diimbangi oleh aktivitas kelenjar minyak yang tinggi pula. Hal ini kemudian meningkatkan risiko terbentuknya komedo, dan akhirnya jerawat.

Hiperaktivitas kelenjar minyak juga dapat menyebabkan masalah dermatitis seboroik.

2. Paparan Sinar Matahari
Selain meningkatkan risiko kanker, paparan sinar matahari yang secara konstan mengenai kulit wajah, akan menyebabkan flek gelap karena penuaan, misalnya melasma.

3. Polusi Uadar
Polusi udara di sini meliputi kendaraan bermotor, asap pabrik, dan asap kebakaran hutan, meningkatkan zat radikal bebas yang menyebabkan kerusakan jaringan kulit lebih cepat, karena kulit bisa mengalami peradangan kulit (dermatitis).

4. Ganti-Ganti Kosmetik
Hati-hati saat memilih kosmetik. Jika merasa sudah cocok dengan satu produk, sebaiknya Anda tidak beralih ke produk lainnya.

Jika terlalu sering ganti kosmetik dengan pelbagai merek, wajah Anda akan rentan berjerawat. Hal ini perlu Anda perhatikan, terutama bagi yang kulitnya berminyak.

Selain empat hal tersebut, dilansir laman Boldsky, ada kebiasaan lain yang membuat kulit wajah berjerawat. Beberapa kebiasaan pemicu jerawat tersebut, antara lain, jarang mengganyung sarung bantal, jarang keramas, sering minum kopi, telepon genggam kotor, dan sering mencuci muka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya