SOLOPOS.COM - Ilustrasi bekerja (Dok/JIBI)

Ilustrasi bekerja (Dok/JIBI)

JAKARTA—Perubahan karir wajar terjadi, karena ini merupakan satu cara bagi Anda untuk menemukan yang paling tepat. Setidaknya ada empat hal yang bisa Anda jadikan pelajaran saat akhirnya memutuskan untuk mengubah jalur karir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anda lebih dari pendidikan yang diambil

Saat kuliah, Anda mungkin belajar tentang suatu bidang yang pada akhirnya bukan karir Anda, dan itu tak masalah. Karena sebenarnya pendidikan adalah latar belakang atau dasar Anda bekerja, tapi pengalaman juga akan membentuk keahlian Anda dalam satu bidang. Jika karir Anda ternyata tak sesuai dengan latar belakang pendidikan, setidaknya itu memberikan Anda nilai tambah.

Pengalaman kerja yang tak sempurna ternyata berharga

Beberapa kali pindah kerja di bidang yang tidak Anda sukai, ternyata juga merupakan pengalaman berharga. Coba saja lihat bagaimana Anda menghadapi pekerjaan yang sebenarnya Anda benci. Jika Anda berhasil mengatasi hal itu, maka ke depannya segala masalah yang dilemparkan ke Anda pun pasti bisa diselesaikan.

Ada banyak yang bisa dipelajari

Kuliah hanya merupakan awal dan persiapan Anda ke dunia kerja. Begitu Anda meniti karir, maka Anda akan menemukan bahwa begitu banyak hal yang harus Anda pelajari dan tidak diajarkan di kuliah. Ini merupakan waktu tepat bagi Anda untuk menjadi spons dan menyerap semua informasi yang diberikan.

Hidup tak hanya sekadar pekerjaan

Pada akhirnya Anda pun sadar, bahwa hidup tidak semata-mata tentang pekerjaan. Karena ketika Anda mengubah karir, Anda mencari hal lain, yaitu passion, minat, atau sesuatu yang membuat Anda bahagia. Ketika Anda mengerjakan sesuatu yang dicintai, pekerjaan akan terasa lebih ringan dikerjakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya