Ilustrasi mengoptimalkan waktu (www.judydouglass.com)

Solopos.com, SOLO – Waktu adalah uang. Ungkapan itu pastinya sudah tak asing lagi kita dengar. Salah satu maksud yang terkandung dalam ungkapan tersebut pastinya merujuk pada kita agar selalu mengoptimalkan waktu yang kita miliki agar tak terbuang sia-sia.

Dikutip Solopos.com, Sabtu (3/5/2014), Huffingtonpost melansir beberapa cara yang dapat dilakukan dalam upaya mengoptimalkan waktu yang Anda miliki:

Menentukan Kegiatan Penting
Lakukan lebih dahulu kegiatan prioritas utama Anda. Hal ini penting dilakukan saat Anda masih dalam keadaan prima dan enegik di pagi hari usai istrirahat malam . Penundaan pekerjaan prioritas membuat Anda hanya akan menjadi seseorang tanpa perubahan dan statis. Ingat, jangan sampai menunda pekerjaan penting Anda!

Bangun Lebih Awal
Bangunlah 15 menit lebih awal dari yang biasa Anda lakukan. Melakukan hal ini dapat memberikan Anda tambahan waktu 75 menit dalam seminggu. Gunakan waktu 15 menit untuk sekadar mengawali pekerjaan Anda seperti mengecek email, maupun memikirkan ide baru tanpa gangguan telepon dan teman-teman Anda saat pagi hari.

Merencanakan Kegiatan
Saat memasuki awal minggu, buatlah jadwal yang seharusnya Anda lakukan dalam satu minggu ke depan. Lakukan hal ini setiap minggunya agar Anda juga dapat memantau dan mengingat pekerjaan apa saja yang seharusnya Anda selesaikan.

Jangan Terlarut Pada Jejaring Sosial
Tetap terhubung dalam akun jejaring sosial hanya akan menyita perhatian dan waktu Anda. Hal ini parah jika Anda berada pada deadline penting sebuah proyek perusahaan. Jadi, jadwalkan waktu secara khusus untuk menggunakan situs media sosial Anda.

Konsisten Pada Keinginan
Tetaplah selalu fokus pada tujuan dan keinginan Anda. Dengan menyadari ini, Anda akan selalu terjaga dari kegiatan yang sia-sia.

Jaga Kerapian Tempat Kerja
Jagalah kebersihan lingkungan kerja Anda. Meja kerja yang berantakakan akan mengalihkan perhatian utama Anda. Ingatlah jadwal penting yang akan Anda dan simpan pada memori di otak Anda. Cara ini dapat meminimalisir kemungkinan catatan hilang dan harus menghabiskan waktu untuk mencari catatan tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten