SOLOPOS.COM - Ilustrasi (dumblittleman.com)

Solopos.com, JAKARTA – Kantor yang “beracun” bisa membuat produktivitas kerja Anda terganggu dan bahkan membikin galau. Berpikir dan bersikap positif menjadi kunci keberhasilan Anda, meski berada di lingkungan yang kurang bersahabat.

Berikut ini adalah lima tanda yang menunjukkan Anda berada di lingkungan kantor yang “beracun”.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

1. Atasan dengan Mood Berubah-ubah

Di satu waktu, bos Anda bisa memuji hasil kerja Anda. Tapi di waktu lainnya, dia bisa marah besar karena Anda melupakan satu detail kecil dalam pekerjaan.

Jika Anda terjebak dalam situasi demikian maka Anda harus pintar membaca situasi.  Saat si bos mengalami mood buruk, tarik napas dalam-dalam dan coba jaga jarak.

2. Atasan Pilih Kasih

Hal ini sebenarnya tak bisa dihindari di lingkungan kerja. Sikap pilih kasih atasan mungkin terjadi, karena dia merasa karyawan tersebut lebih berkomitmen pada pekerjaan.

Jika Anda yang menjadi karyawan kesayangan, maka yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempromosikan rekan kerja yang lain, sehingga jangan cuma Anda yang mendapat pujian.

Sedangkan apabila Anda bukan anak kesayangan si bos, maka cobalah untuk memulai percakapan dengannya dan jalin hubungan yang lebih dekat dengan atasan. Tunjukkan kemampuan Anda di depan si dia dan minta saran untuk mengevaluasi hasil kerja Anda.

3. Budaya Kerja Buruk

Salah satu penyebab dari ketidakbahagiaan dalam bekerja adalah budaya kerja atau budaya perusahaan yang buruk. Hal itu diungkapkant Katherine Crowley, penulis buku Working for You Isn’t Working For Me, seperti dilansir Dailyworth.

Budaya kerja yang buruk, seperti saling menjegal rekan kerja, memiliki kelompok eksklusif, politik kantor, dan lainnya bisa membuat Anda sulit fokus pada pekerjaan.

Untuk menghadapi situasi ini, yang Anda perlukan adalah sikap positif dan profesional. Jika masih belum berhasil juga, Anda bisa membicarakan masalah yang Anda hadapi ke atasan atau bagian HRD.

4. Tak Ada Tanggung Jawab

Tentunya akan sangat membuat frustrasi ketika Anda kehilangan klien potensial atau tidak dapat memenuhi deadline. Lebih parah, semua orang dalam tim kerja Anda malah sibuk saling menyalahkan.

Kantor di mana para pekerjanya tak memiliki tanggung jawab akan pekerjaannya, bisa menghasilkan lingkungan kerja yang negatif, bukan hanya secara internal tapi juga secara eksternal.

5. Geng di Dalam Kantor

Munculnya geng di kantor bisa membuat suasana jadi tidak nyaman, karena bisa membuat orang yang tidak masuk ke dalam geng merasa terasingkan.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan? Salah satunya adalah bersikap terbuka dan ramah pada siapa saja. Jangan terpaku pada satu geng saja, tapi kenali semua rekan kerja Anda satu per satu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya