SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Stres dalam pekerjaan memang bukan hal baru. Menurut National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) seperti dikutip Medicinenet, ada beberapa kondisi pekerjaan yang bisa menyebabkan stres.

Pola kerja

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penyebab stres utama adalah pola kerja yang buruk, seperti jam kerja panjang, tidak ada istirahat, kerja rutinitas yang membosankan, serta tidak memanfaatkan kemampuan pekerja dengan baik.

Gaya manajemen

Buruknya gaya manajemen di kantor juga menjadi salah satu penyebab stres. Kurangnya partisipasi pekerja, rendahnya komunikasi dua arah di organisasi, serta aturan yang tidak bersahabat bisa membuat para pekerja merasa tidak nyaman bekerja.

Hubungan interpersonal

Keadaan lingkungan kantor yang tidak nyaman bisa bermula dari hubungan antar rekan kerja yang tidak baik. Hal ini bisa berupa tidak adanya dukungan dari rekan kerja dan atasan, persaingan yang saling menjatuhkan, dan sikap yang tidak menyenangkan.

Peran dalam pekerjaan

Ekspektasi yang berbeda, tanggung jawab yang terlalu banyak, atau peran kerja yang tidak jelas juga bisa menjadi penyebab stres. Dalam hal ini, perusahaan harus mengatur pekerjaan sesuai dengan peran dan jabatan sejelas mungkin supaya tidak terjadi penumpukan.

Masalah karir

Bagi orang yang menginginkan karir dan bukan sekadar pekerjaan, maka akan ada kekhawatiran tentang perjalanan karir yang bisa menyebabkan stres. Kurangnya kesempatan untuk berkembang atau promosi jabatan adalah beberapa contoh di antaranya.

Lingkungan kerja

Kondisi lingkungan kerja yang mengganggu, seperti berisik, terlalu ramai, berpolusi, dan tidak ergonomis juga bisa menyebabkan stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya