SOLOPOS.COM - Ilustrasi bekerja di kantor (www.industrynews.sg)

Tips karier, begini pertanda Anda bosan dengan pekerjaan yang Anda jalani.

Solopos.com, JAKARTA — Pekerjaan yang Anda jalani saat ini bisa jadi menjadi pilihan terbaik yang Anda dapatkan setelah mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan atau instansi. Namun sebagaimana kehidupan berjalan, pekerjaan tak selamanya mulus, kadang Anda bahagia di kantor, kadang merasa frustrasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah mendapat pekerjaan, ada baiknya kita berupaya mencintai karier yang sudah dipilih. Bahkan jika menemui kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang dibebankan pimpinan, bukan berarti Anda harus menyerah di tengah jalan.

Meski demikian, ada kalanya frustrasi yang Anda rasakan saat bekerja bukan sekadar warna dalam hidup, tetapi pertanda Anda perlu berpikir ulang tentang profesi yang dijalani. Seperti dilansir Independent yang dikutip Rabu (5/4/2017), berikut enam pertanda salah memilih karier menurut para pakar:

1. Anda merasa bosan.
Jika Anda terus-menerus bengong karena tugas selesai terlalu mudah, mungkin Anda butuh tantangan yang lebih besar. Mungkin Anda sudah tergolong senior di kantor, sehingga Anda sudah bosan dengan karier yang sedang ditapaki.

“Rasa bosan wajar terjadi di kantor, kadang sebagian pekerjaan lebih merepotkan ketimbang lainnya, tapi harusnya ada bagian dari pekerjaan yang Anda sukai. Jika Anda sulit mencari bagian mana yang membuat Anda bersemangat, sudah waktunya pindah,” kata Lee Biggnis, pendiri CV-Library.

2. Anda orang yang berbeda di kantor dan rumah.
Orang yang bahagia di kantor cenderung santai di rumah. Jika Anda merasa baru jadi diri sendiri setelah pulang kerja, mungkin itu tandanya Anda tidak sepenuhnya nyaman dengan pekerjaan.

“Coba tanya pada diri sendiri apakah Anda berusaha terlalu keras, atau hanya menonjolkan sisi tertentu dalam diri untuk membuat kesan tertentu pada orang lain. Membuat topeng yang mengesankan kompetensi atau keceriaan bisa melelahkan. Sama juga dengan merasa tidak bahagia di tempat kerja bisa merembet ke kehidupan di rumah, memengaruhi hubungan dengan orang lain,” kata Joe Wiggins dari Glassdoor.

3. Anda tidak suka bicara tentang pekerjaan.
Apakah Anda lebih senang mendengar pekerjaan orang lain ketimbang berbicara tentang pekerjaan sendiri? Mungkin Anda bertanya seperti apa kursi di kantor teman, atau kopi apa yang ada di pantry ketimbang mengakui pekerjaanmu sedang tidak menyenangkan.

“Orang yang puas dengan pekerjaan senang membicarakannya. Mereka akan merekomendasikan perusahaan itu pada teman, di mana orang yang salah memilih pekerjaan cenderung enggan membicarakan hal itu di rumah karena malas mengeluarkan energi untuk memikirkan pekerjaan,” tambah Joe Wiggins.

4. Anda meninggalkan kantor secepat mungkin
Jika Anda adalah orang pertama yang melesat ke luar pintu begitu jam kantor selesai, mungkin Anda harus berada dalam pekerjaan di mana Anda tidak keberatan harus menghabiskan setengah jam lebih lama di tempat kerja.

Orang yang merasa posisinya di kantor di situ-situ saja cenderung kurang berkontribusi pada aktivitas kantor, misalnya kumpul internal atau aktivitas sosial. Mereka juga cenderung sering absen dan enggan menghabiskan waktu lebih banyak di kantor di luar kewajiban.

5. Anda iri pada pekerjaan orang lain
Jika rekan Anda bisa keliling dunia gratis atau mendapat pekerjaan mudah dengan gaji selangit, wajar bila timbul rasa iri.

Namun menurut Sandra Hill, managing director Page Personnel Finance, rasa iri pada orang di luar organisasi Anda bisa jadi tanda Anda berada di kantor yang salah.

“Jika Anda bicara soal pekerjaan orang di luar organisasi, Anda merasa iri pada pekerjaan mereka yang terkesan lebih baik, itu bisa jadi indikator bagus bahwa Anda berada di tempat yang salah. Kadang, meski Anda mendapatkan jabatan yang sesuai, bila perusahaannya tidak cocok, Anda pasti ingin pindah,” beber dia.

6. Anda enggan ke kantor setiap hari
Apakah Anda merasa merana saat Minggu malam tiba karena akhir pekan berakhir dan besok harus ke kantor? Itu bisa jadi pertanda Anda kurang mencintai pekerjaan.

James Reed dari agensi rekrutmen Reed mengatakan tak ada pekerjaan yang sebanding dengan kehilangan kebahagiaan. Bila rutinitas Anda rasanya seperti lingkaran tak berakhir antara bangun – bekerja – pulang – tidur, berarti ada yang salah.

“Hadapilah, jika Anda bekerja hanya demi bertemu akhir pekan, Anda berada di tempat yang salah. Lakukan sesuatu dan pastikan Anda suka Senin,” kata dia.

Pendapat senada diungkapkan Hill. Dia menuturkan jika bayangan Senin pagi menghantui akhir pekan Anda, ada masalah lebih serius ketimbang keinginan bermalas-malasan di kasur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya