SOLOPOS.COM - Ilustrasi kerja (Dok)

Ilustrasi kerja (Dok)

Saat ini peluang untuk kerja lepas atau freelance semakin banyak. Meski terkesan bebas bila dibandingkan dengan kerja kantoran, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal berikut agar bisa tetap bersaing di bidang yang digeluti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selalu perbarui portofolio

Setiap kali Anda menyelesaikan sebuah proyek, maka langsung masukkan ke dalam portofolio Anda. Buat format portofolio yang menarik dan mudah dibaca, sehingga jika Anda ingin menadpatkan klien baru, mereka bisa melihat hasil kerja Anda selama ini.

Ahli di bidangnya

Kerjakan sesuatu di mana Anda merasa yakin bahwa Anda menguasai bidang tersebut. Selain itu, selalu berusaha untuk belajar dan menggali potensi baru agar Anda tidak kalah bersaing dengan sesama pekerja lepas lainnya.

Hargai tenggat waktu

Kadang karena bekerja sendiri, Anda malah jadi merasa memiliki tenggat waktu yang longgar dan bisa disesuaikan. Tapi tetap usahakan untuk selalu bekerja tepat waktu, terutama jika pekerjaan Anda ditunggu oleh klien.

Jaga kontak dengan sesama freelancer

Sama halnya dengan kerja kantoran, networking juga sangat penting bagi seorang pekerja lepas. Cobalah untuk selalu menjaga kontak dengan sesama freelancer. Jangan selalu menganggap mereka sebagai pesaing, karena bisa saja mereka justru memberikan Anda peluang kerja atau proyek baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya