SOLOPOS.COM - Para pencari kerja sendang mengisi membership di situs bursa kerja on line JobStreet.com di Auditorium UNS Kentingan, Rabu (18/1). Para pencari kerja dapat memasukkan lamaran melalui internet kepada perusahaan yang membutuhkan karyawan. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA–Lowongan kerja kini banyak ditawarkan di website internet. Termasuk pendaftaran via online. Salah satu situs berbagi profil diri khusus relasi khusus pencari kerja LinkedIn salah satunya.  Anda yang memanfaatkan situs ini mungkin belum menyadari bagaimana cara memanfaatkan situs tersebut untuk meningkatkan nilai jual Anda dalam pasar bursa kerja.

Sayangnya, masih banyak orang yang salah kaprah dalam menggunakan LinkedIn dan menjadikannya tak ubah sebagai ajang pamer seperti di jejaring sosial pada umumnya. Untuk menghindari hal tersebut dan menjaga kredibilitas Anda di dunia kerja, berikut lima etiket yang perlu diperhatikan ketika menggunakan LinkedIn atau situs khusus pencari kerja lainnya. Berikut ini cara memanfaatkan situs kerja sebagaimana dikupas prospectus.co.uk:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketahuilah dengan siapa Anda menjalin kontak

Pastikan setiap orang yang terjalin kontak dengan Anda adalah orang-orang yang Anda tahu dan paham kapabilitasnya. Lebih jauh, Anda juga perlu memerhatikan dengan jelas keterkaitan orang-orang tersebut dengan lahan pekerjaan yang Anda masuki atau yang berkaitan dengannya.

Berbagi informasi dengan bijak

Bersikaplah bijak dalam mencantumkan informasi Anda terkait dunia kerja yang Anda geluti. Jangan terlalu banyak memberikan informasi tentang diri Anda, seperti menambahkan informasi mengenai berbagai hal yang Anda minati.

Hal ini kedepannya justru akan menyusahkan Anda melalui masuknya berbagai tawaran yang berkaitan dengan informasi yang cantumkan, di mana terkadang beberapa diantaranya tidak Anda butuhkan. Jadi, selektiflah dalam menampilkan informasi Anda sehingga akan kian selektif pula informasi yang masuk ke akun LinkedIn Anda.

Bersikap sopan

Jangan pernah memuat hal negatif atau menyatakan hal yang tidak pasti kebenarannya di akun LinkedIn Anda. Pihak-pihak yang membutuhkan tenaga kerja akan mencari keterkaitan sosial dan jaringan bisnis dari banyak akun LinkedIn dan jika Anda salah satu yang diliriknya, maka segala hal yang Anda posting akan dilihat secara langsung oleh mereka.

Menjaga visibilitas diri

Pastikan akun LinkedIn Anda selalu terpantau secara rutin untuk menunjukkan visibilitas sebagai tenaga kerja yang antusias. Inilah kunci bagi Anda untuk memperluas kesempatan meraih peluang kerja dan peningkatan karir karena Anda akan selalu tahu perkembangan terkini dari dunia kerja yang terkoneksi dengan informasi mengenai diri Anda di LinkedIn.

Mawas diri

LinkedIn adalah situs publik dan segala hal yang tidak benar atau memalukan akan tersimpan selamanya di di situs tersebut, sekalipun Anda telah berusaha menghapusnya. Hal ini disebabkan karena segala hal yang telah Anda cantumkan akan terekam secara langsung ke dalam indeks pencarian oleh mesin pencari dan  hal tersebut masih dapat dilacak oleh pencari tenaga kerja ketika memperhatikan Anda.

Akibat buruknya? Anda akan dengan cepat dikeluarkan dari daftar incaran dan secara tidak langsung mengurangi kredibilitas Anda di dunia kerja.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya