SOLOPOS.COM - Ilustrasi (health32.com)

Tips karier kali ini mengulas soal cara cepat mencari kerja.

Solopos.com, SOLO — Mencari kerja adalah sebuah tantangan tersendiri bagi seseorang yang ingin mengembangkan kemampuannya dalam berkarier. Tips kali ini mengupas tentang trik cepat mendapatkan pekerjaan dalam waktu satu bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar mendapat pekerjaan dalam waktu singkat, seperti membuat perencanaan yang matang, mencari koneksi, membuat rencana matang, dan lainnya. Simak selengkapnya dalam tips karier, Minggu (30/8/2015), sebagaimana Detik kutip dari Refinery 29.

1. Spesifik
Hal pertama yang dibutuhkan untuk cepat dapat kerja adalah mengetahui karier impian Anda secara spesifik. Cari tahu dengan pasti kategori perusahaan dan pekerjaan seperti apa yang diinginkan. Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah mendapat informasi lowongan. Biasanya berbagai situs atau media sosial profesional akan mencarikan lowongan berdasarkan kategori yang Anda pilih. Untuk itu, jangan asal menentukan kategori.

2. Buat Rencana Matang
Sebaiknya, Anda menyempatkan waktu setiap hari untuk menyempurnakan strategi mencari kerja. ?Mungkin akan ada saat di mana Anda merasa bosan atau putus asa ketika belum juga dapat panggilan. Untuk itu, selingi hari-hari dengan melakukan kegiatan menyenangkan sehingga tidak stres.

3. Buat Catatan
Bagi Anda yang sudah sangat butuh kerjaan, pasti sangat bersemangat dalam mengirim lamaran. Biasanya surat tersebut dikirim ke banyak perusahaan, bukan? Hati-hati dalam melakukannya, jangan sampai Anda sampai mengirim berulang kali ke satu perusahaan.

Untuk itu, catat dengan baik kantor mana saja yang sudah Anda kirim lamaran. Jika dipanggil untuk wawancara, tandai juga tanggalnya di kalender Anda. Tulis pula keterangan-keterangan penting lainnya seperti kontak Human Resource Development (HRD) atau manajer perusahaan. Selain agar lebih terorganisir, hal ini dapat membuat Anda merasa semangat.

4. Cari dari Koneksi
Jangan hanya mencari lowongan di internet. Manfaatkan pula teman, kenalan, saudara, bahkan mantan rekan kerja untuk mendapat informasi karier agar Anda cepat dapat kerja. Namun pastikan jika Anda memintanya secara halus. Disarankan agar Anda mendekati mereka dengan percakapan ringan sambil menunjukkan ketertarikan di bidang tersebut dari pada langsung meminta kerja.

5. Follow Up
Mengirim lamaran dan dipanggil wawancara adalah ?langkah permulaan. Melakukan follow up membuat Anda selangkah lebih maju untuk cepat dapat kerja. Membalas email dengan proaktif merupakan salah satu caranya. Namun pastikan Anda tidak meneror pihak perusahaan dengan mengirim email ketika tidak diminta.

Lakukan sesuatu yang menunjukkan jika Anda orang profesional. Misalnya dengan mengirim ucapan terima kasih setelah wawancara agar Anda diingat perekrut.

6. Bersikap Terbuka
Sebelumnya Anda memang dianjurkan untuk mencari kerja sesuai dengan impian. Agar cepat dapat kerja, ada baiknya pula untuk bersikap terbuka. Jika ada panggilan kerja yang sebenarnya tidak dicita-citakan namun tampak potensial, sebaiknya terima saja. Siapa tahu karier tersebut merupakan jodoh Anda yang dapat menghasilkan kesuksesan atau membawa pada pekerjaan impian sesungguhnya.

Sementara itu, dilansir Solopos.com, Rabu (12/8/2015) dari Businessinsider.com, ada kata-kata yang tidak pernah disebutkan oleh seseorang yang sukses, lantaran orang sukses memiliki prinsip teguh untuk mencapai keinginan mereka.

Kata-kata terlarang bagi seseorang yang sukses tersebut, seperti “Saya tidak bisa mewujudkan ide”, “Saya tidak ditakdirkan kaya”, “Saya akan kehilangan semua, dan “Saya benci pekerjaan yang saya lakoni”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya