SOLOPOS.COM - Ilustrasi kerja (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA— Mendapatkan pekerjaan yang cocok menjadi idaman semua orang. Namun, adakalanya karier yang kita tempuh terkesan “ada” lantaran sulitnya mendapatkan pekerjaan. Sebelum Anda salah pilih, ada baiknya Anda menimbang kembali apa passion karier Anda.

Untuk bisa menemukan pekerjaan yang benar-benar cocok, Anda harus memperhatikan gaya hidup Anda, apa yang memotivasi Anda, serta apa tujuan Anda dalam jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini sebagaimana dikutip Careerealism untuk menemukan kecocokan karier Anda.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Kenali Diri

Sebelum Anda melamar pekerjaan, kenali dulu diri sendiri. Apa ketertarikan Anda, apa yang menjadi minat Anda, hobi, serta keahlian yang Anda miliki. Pikirkan juga bagaimana Anda melihat diri sendiri dan bagaimana orang lain melihat Anda.

Misalnya, orang lain menganggap Anda orang yang kreatif dengan kepribadian yang menyenangkan. Maka cobalah cari pekerjaan yang memungkinkan Anda untuk melepaskan kreativitas tersebut.

Lakukan Riset

Setelah Anda mengetahui kira-kira apa saja pekerjaan yang menjadi minat Anda, kini saatnya melakukan riset kecil-kecilan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang pekerjaan dan industri tersebut.

Ketahui dengan pasti tugas kerja apa saja yang mungkin dilakukan oleh jabatan tersebut dan apakah Anda bisa memenuhinya.

Ketahui yang Dicari

Sebelum Anda melamar pekerjaan, pastikan Anda sudah tahu pekerjaan apa yang Anda cari. Hal ini berguna agar Anda bisa menyusun CV dan profil LinkedIn sesuai dengan pekerjaan tersebut.

Percaya Diri

Selanjutnya, pupuklah rasa percaya diri untuk menjalani karir pilihan Anda. Kadang ada orang lain yang meremehkan atau jangan tergoda pekerjaan lain hanya karena orang lain melakukannya. Percayalah pada pilihan Anda sendiri dan kemampuan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya