Ilustrasi (Dok/JIBi/Solopos)

Tips karier memberikan Anda tips saat melakukan wawancara kerja.

Solopos.com, SOLO – Wawancara kerja seringkali menjadi sebuah pengalaman yang menegangkan, terutama jika Anda baru pertama kali mengikuti proses wawancara kerja atau ketika Anda sangat menginginkan pekerjaan tersebut.

Anda mungkin merasa bahwa Anda adalah kandidat yang tepat. Anda punya pengalaman segudang dan kemampuan bekerja yang baik. Namun jika Anda tidak mampu melewati proses wawancara kerja dengan baik, maka bisa saja Anda tak mendapat pekerjaan idaman tersebut.

Itulah mengapa Anda perlu mengetahui apa saja hal terpenting dalam wawancara kerja, seperti yang dijabarkan laman Careerealism, Rabu (24/6/2015) berikut ini:

Bahasa Tubuh
Apa yang Anda katakan sama pentingnya dengan apa yang tidak Anda katakan. Bahasa tubuh saat bicara dan apa yang Anda bicarakan akan memberikan informasi pada si pewawancara bagaimana Anda terhubungkan dalam percakapan tersebut.

Bahasa tubuh tanpa Anda sadari juga bisa memperlihatkan seberapa tertarikkah Anda dengan pekerjaan tersebut. Jangan lupa untuk tersenyum, tunjukkan rasa percaya diri, dan dengarkan dengan seksama saat si pewawancara berbicara. Setelahnya, respons pertanyaan yang diberikan pewawancara dengan sewajarnya.

Punya Banyak Informasi
Dalam wawancara kerja, Anda mungkin akan lebih banyak ditanya oleh pewawancara atau calon atasan. Namun bukan berarti Anda tak bisa bertanya sama sekali. Cobalah lontarkan pertanyaan untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya, baik seputar perusahaan itu sendiri, produk atau jasa yang ditawarkan, hingga budaya perusahaan. Cara ini juga menunjukkan bahwa Anda memiliki ketertarikan untuk tahu dan belajar lebih banyak.

Menunjukkan Siap Menerima Tantangan
Setiap pekerjaan tentunya memiliki tantangan yang berbeda. Apa yang penting diperlihatkan saat wawancara kerja adalah bahwa Anda akan siap menerima tantangan yang diberikan. Tunjukkan pula bahwa Anda memiliki kemampuan dan keinginan untuk sukses di bidang yang Anda kerjakan.

Sebelum wawancara kerja, coba lakukan riset mengenai perusahaan tersebut. Bisa dari situs perusahaan maupun pemberitaan di media.

Dari situ Anda bisa lebih memahami tantangan atau perubahan apa yang dihadapi perusahaan tersebut. Anda pun bisa memberikan pendapat dan cara pandang Anda, serta bagaimana posisi Anda memiliki dampak terhadap tantangan itu.

 

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten