SOLOPOS.COM - Saloka Theme Park (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Pandemi virus corona membuat masyarakat diminta tetap di rumah oleh pmerintah agar persebaran penularan virus tersebut terputus. Saloka Theme Park pun membagikan tips agar tetap sehat dan ceria di rumah.

Di Indonesia sendiri, ribuan orang sudah dinyatakan positif virus corona. Pemerintah pun meminta masyarakat untuk melakukan karantina mandiri di rumah. Terus berdiam diri di rumah memang kadang membuat bosan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ambruk, JPO Depan Pasar Kartasura Langsung Diperbaiki

Apalagi, kita tetap diminta sehat agar tak tertular virus corona. Namun, Saloka Theme Park memberikan inspirasi agar kita tetap gerak dan sehat saat di rumah. Taman rekreasi keluarga terbesar di Jawa Tengah yang memiliki slogan “Ceria Tiada Habisnya” ini membagikan tiga tips.

Berikut tipsnya seperti dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (3/4/2020):

Pertama, dede.

Artinya berjemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari selain memiliki kandungan ultraviolet yang dapat memicu penyakit kanker kulit, sinar matahari juga memiliki kandungan vitamin D yang dapat menyehatkan tubuh. Namun tak perlu lama-lama, untuk mendapatkan hasil yang optimal cukup berjemur 5-15 menit sehari.

Saloka Theme Park
Saloka Theme Park (istimewa)

Kedua, njamu.

Berasal dari kata dasar jamu yaitu minuman tradisional. Istilah njamu kemudian dipahami sebagai kegiatan minum minuman tradisional. Di lingkungan masyarakat lokal, jamu dikenal memiliki fungsi seperti obat dengan berbagai khasiat kesehatan di setiap ramuannya. Sehingga, njamu seringkali dilakukan sebagai ritual untuk menjaga kesehatan.

Maklumat Ganjar Pranowo Soal Corona: Jangan Takut Kelaparan!

Jamu terdiri dari berbagai jenis dengan beragam bahan bakunya. Di antaranya kunyit, temulawak, jahe, daun kelor, meniran, dan jinten hitam yang memiliki kandungan curcumin. Menurut berbagai sumber, curcumin ini memiliki zat aktif kurkuminoid yang berfungsi sebagai anti virus dan imunomodulator.

Ketiga, playon.

Playon memiliki arti lari-lari. Selain mengasyikan, playon bisa bermanfaat untuk menyehatkan tubuh dan juga mental. Bagi tubuh, playon bermanfaat untuk membakar kalori berlebih serta meningkatkan fungsi organ tubuh.

Saloka Theme Park (istimewa)

Sedangkan bagi mental, playon juga dapat mengurangi depresi. Sebab ketika melakukan gerakan olahraga ini, tubuh melepaskan hormon yang disebut endorfin atau hormon kebahagiaan. Saat kandungan endorfin dalam darah meningkat, maka seseorang akan mengalami sedikit perasaan euforia dan perasaan depresi pun menghilang.

Kata MUI Soal Hukum Tak Salat Jumat Tiga Kali Beruntun

Playon bisa dilakukan tidak hanya di luar rumah. Di tengah situasi masyarakat yang sedang melakukan karantina mandiri, playon juga bisa dilakukan di rumah saja dengan menyenangkan.

Misalnya, lari jarak pendek dari satu titik ke titik lainnya beberapa kali. Di zaman modern ini, playon sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah menggunakan treadmill. Jika ketiga aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, bisa jadi kesehatan tubuh dan mental kita lebih terjaga dan masa karantina mandiri pun dapat dilewati dengan ceria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya