SOLOPOS.COM - Ilustrasi ruang tamu (Arif Fajar S./JIBI/Solopos)

Tips interior ini terkait penataan rumah untuk menghadirkan suasana baru saat Lebaran.

Solopos.com, SOLO — Merayakan Lebaran bagi sebagian orang identik dengan semua yang berbau baru. Tidak hanya baju baru, suasana rumah pun dibuat seperti baru. Cara yang sering digunakan adalah dengan mengganti warna cat lama dengan warna cat baru.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Namun ada juga di saat Lebaran mengganti mebeler seperti meja kursi tamu lama dengan yang baru termasuk model dan jenisnya. Ada yang cukup mengganti bagian mebel tersebut, seperti cover sofa dengan warna baru.

Pilihan lainnya adalah dengan mengganti beberapa elemen dekorasi di ruang tamu, seperti gorden, sarung bantal untuk sofa, taplak meja, dan karpet di ruang tamu. Elemen dekorasi ini apabila diganti dengan pilihan warna dan motif yang pas, mampu menghadirkan suasana baru di saat Lebaran nanti.

Ekspedisi Mudik 2024

1. Gorden

Kain gorden di pasaran tersedia cukup banyak dengan berbagai motif, jenis kain, dan ukuran. Mulai dari yang polos, dengan paduan warna-warna cerah dan menarik. Motif batik maupun motif yang simpel dengan mutu kain yang beragam sesuai harganya.

“Kebetulan di rumah pintu sama jendela belum ada gordennya, jadi sekalian buat Lebaran beli gorden baru. Ini masih cari yang modelnya simpel yang sesuai untuk rumah minimalis,” jelas Ana, warga Colomadu, Karanganyar kepada , belum lama ini.

Menurut Susan pemilik Toko Beauty Interior Jl. Adi Sumarmo No. 262, Solo, menjelang Lebaran penjualan gorden memang menunjukan tren meningkat. Paling banyak dipilih adalah gorden dengan motif yang simpel karena kebanyakan pembeli adalah pemilik rumah minimalis dan warga perumahan.

“Harga tergantung pada model dan kualitas kainnya, namun secara umum harga satu set gorden mulai Rp400.000 hingga Rp1,5 juta,” jelasnya.

2. Sarung Bantal

Sarung bantal (Arif Fajar S./JIBI/Solopos)

Sarung bantal (Arif Fajar S./JIBI/Solopos)

Bantal untuk kursi saat ini juga menjadi elemen dekorasi di ruang tamu. Tersedia beragam model dan ukuran bantal yang bisa disesuaikan dengan model sofa. Menurut Store Manager Informa Solo Paragon Lifestyle Mall, Caroline Engelsz, Minggu (11/6/2017), ada bantal yang sudah jadi dengan motif harganya Rp150.000 per bantal. Sedang untuk sarung bantal, motifnya ada yang polos, bergambar binatang, dan bunga. Harga satu sarung bantal Rp180.000-Rp200.000.

Sarung bantal juga banyak tersedia di pasaran terutama di toko gorden. Harganya pun beragam sesuai kualitas kain yang akan digunakan. Harga satu sarung bantal kisaran Rp25.000-Rp60.000.

3. Taplak Meja

Selain berfungsi menutup permukaan meja, taplak meja juga menjadi elemen yang bisa menghadirkan suasana baru di saat Lebaran. Ada taplak meja dari kain batik, spandek, dan polyster. Menurut Bella, karyawan tokosolopos.com, di Jl. Adisucipto No.190 Solo, toko online dan offline tersebut hanya menyediakan taplak meja batik dengan harga Rp25.500-Rp49.500.

4. Karpet

Aneka karpet (Arif Fajar S./JIBI/Solopos)

Aneka karpet (Arif Fajar S./JIBI/Solopos)

Letaknya biasanya di bawah meja, karpet juga bisa diganti dengan motif yang baru untuk menyambut Lebaran. Pemilihan motif yang pas, dengan warna yang menyesuaikan dengan warna gorden dan sofa, mampu menjadikan ruang tamu tampil beda menyambut Lebaran.

Menurut Miftahudin Afif, Head Marketing Alishba, Jl. Dr. Muwardi No. 85a, Kotabarat, Solo, model karpet yang paling banyak diminati untuk menyambut Lebaran adalah model klasik dan simpel. Pilihan motif dan warna tinggal menyesuaikan dengan mebel. “Harga karpet mulai Rp250.000 hingga jutaan rupiah,” ujar Afif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya