SOLOPOS.COM - Ilustrasi pernikahan

Ilustrasi pernikahan

JAKARTA—PErnikahan bahagia menjadi idaman banyak orang. Namun kadang apa yang diharapkan tak sesuai dengan kenyataan. Cukup banyak jalan terjal menuju pernikahan bahagia. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya jadi pertimbangan Anda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Definisi Komitmen

Salah satu hal terpenting untuk didiskusikan sebelum menikah adalah apakah Anda dan pasangan punya definisi yang sama mengenai komitmen. “Jika Anda dan pasangan tidak tahu arti hubungan tersebut, maka Anda memiliki kemungkinan untuk mengulangi kesalahan masa lalu,” ujar Tina B. Tessina, psikoterapis dan penulis buku The Unofficial Guide to Dating Again, dikutip laman She Knows.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Tessina, tanpa membicarakan soal komitmen, Anda bisa jadi malah terjebak dalam hubungan yang tidak nyaman dan pertengkaran pun sulit dihindari. Cobalah bicarakan lagi bagaimana kalian berdua memandang hubungan, komitmen, cinta, dan kesetiaan.

2. Tanggung Jawab Rumah Tangga

Jika Anda belum pernah tinggal bersama pasangan sebelumnya, maka Anda pun harus mencari tahu seperti apa kebiasaannya di rumah. Perbedaan cara mengatur rumah, dekorasi, hingga peletakan perabotan bisa menjadi pemicu pertengkaran. Sehingga menurut Tessina, Anda dan pasangan juga harus membicarakan bagaimana akan mengatur rumah bersama nantinya. Selain itu, tentukan pula siapa yang bertanggung jawab mengerjakan tugas apa di rumah.

3. Detail Finansial

Uang merupakan salah satu penyebab masalah dan argumen yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan dalam hubungan. Anda mungkin akan bingung apakah harus menyatukan rekening tabungan atau tidak. Namun menurut Tessina, ada baiknya memisahkan rekening tersebut agar keuangan keluarga bisa berjalan lancar. Anda juga harus menentukan untuk membagi pengeluaran secara rata atau bisa menggunakan persentase ketika gaji yang didapat tidak sama.

4. Kedekatan Keluarga

Pernikahan bukan sekadar menyatukan dua orang, tapi dua keluarga. Karena itu, Anda juga harus bisa mendekati keluarga pasangan, demikian pula pasangan ke keluarga Anda. Meski percekcokan sering kali tak bisa dihindari, Anda harus lebih bisa menahan emosi ketika harus menghadapi keluarga pasangan, terutama orangtua dan saudara kandung.

5. Cara Menangani Emosi

Saat pacaran, cobalah lihat bagaimana Anda dan pasangan mengatasi masalah. Bagaimana Anda menangani stres, kesedihan, atau emosi lainnya seperti rasa marah. Jika ada kecenderungan Anda dan pasangan malah membuat keadaan makin ‘panas’, maka Anda harus cari solusinya sebelum memutuskan akan menikah.

6. Bagaimana Anda Saling Mencintai

Mungkin terdengar klise, tapi bagaimana Anda memberi dan menerima cinta dalam sebuah hubungan juga sangat mempengaruhi kesehatan hubungan tersebut. Sebelum menikah, Anda harus bisa melihat bagaimana Anda dan pasangan saling mengungkapkan cinta, apakah sudah sesuai harapan dan apakah Anda merasa nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya