SOLOPOS.COM - Ilustrasi berkendara motor di malam hari. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Kasus pembegalan di jalan raya masih menjadi momok, karena itu para pengendara motor sebaiknya mengetahui sejumlah tips hindari aksi begal saat berkendara di malam hari. Simak ulasannya di tips otomotif kali ini.

Bagi pengendara motor yang sering berkendara atau pulang kerja di malam hari, tentu harus ekstra waspada dan berhati-hati. Jalanan yang sepi serta minim penerangan, seringkali menjadi spot andalan bagi para pelaku kejahatan yang satu ini.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Ketika terjadi aksi pembegalan, susah untuk mencari pertolongan pada orang-orang di sekitar. Karena itu penting sekali menjaga keselamatan pribadi kala berkendara di malam hari, tanpa harus mengandalkan bantuan orang lain.

Berikut ini sejumlah tips untuk menghindari aksi begal saat berkendara di malam hari seperti dikutip dari wahanahonda.com pada Minggu (5/2/2023):

1. Pilih rute yang Anda kuasai

Tips pertama untuk menghindari begal adalah dengan memilih rute yang sudah biasa kamu lewati. Tak perlu mencari jalan tikus yang dapat mengantarkan kamu lebih cepat sampai ke tujuan. Daripada membahayakan keselamatan nyawa sendiri, lebih baik Anda melewati jalanan yang agak jauh namun terjamin aman.

2. Pilih jalanan yang ramai dan banyak penerangan

Tips berikutnya untuk menghindari begal saat kamu berkendara motor di malam hari adalah hindari jalanan yang sepi dan minim pencahayaan. Pilihlah jalanan yang lebih ramai dan banyak dilewati oleh pengendara sekaligus memiliki pencahayaan yang cukup terang.  Sehingga, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih mudah untuk meminta bantuan atau pertolongan.

3. Ajak seorang teman berboncengan

Jika Anda terpaksa harus berkendara di malam hari, sebaiknya ajak seorang teman untuk berboncengan. Cara ini terbukti ampuh menghindarkan kamu dari tindak kejahatan begal. Karena biasanya para pelaku begal hanya menargetkan pengendara motor yang sendirian.

4. Periksa seluruh komponen motor sebelum berkendara

Sebelum  berkendara, ada baiknya untuk memeriksa setiap kondisi komponen motor yang terpasang. Hal ini untuk menghindari kendaraan mogok di tengah jalan. Apalagi jika mogoknya di tempat yang sepi dan jarang dilewati oleh pengendara lain.

Periksa setiap bagian yang penting mulai dari busi, karburator, ban motor, rantai, aki dan lain-lain. Pastikan semuanya dalam kondisi prima agar tidak muncul kendala saat digunakan berkendara.

5. Bawa senjata untuk perlindungan diri

Jika kamu terpaksa harus berkendara sendirian di tengah malam,   pastikan membawa senjata untuk melindungi diri sendiri. Tidak perlu menggunakan benda-benda tajam. Cukup bekali diri dengan chili atau pepper spray dan alat setrum kejut.

6. Tekan klakson terus menerus saat dibuntuti pengendara misterius

Tips berikutnya untuk hindari begal saat berkendara motor di malam hari adalah tekan klakson terus-menerus ketika kamu merasa diikuti oleh pengendara misterius dari belakang. Hal ini bertujuan agar dapat menarik perhatian pengendara lain yang mungkin ada jauh di depan atau belakang kamu.

7. Gunakan peralatan berkendara yang lengkap

Helm, jaket dan sarung tangan merupakan salah satu kelengkapan berkendara yang harus kamu gunakan. Dengan helm, kamu bisa terhindar dari pukulan benda tumpul atau serangan benda tajam yang mengarah ke kepala.  Nah, untuk jaket, pilihlah jaket berbahan tebal. Agar tidak terluka parah saat diserang oleh pelaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya