TIPS HIDUP SEHAT : Waspada! Risiko Hamil di atas 30 Tahun 20% Lebih Tinggi
Ilustrasi kehamilan (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Wanita modern sering kali menunda kehamilan mereka hingga usia 30 tahun dengan alasan kesibukan dan pekerjaan. Padahal, hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa wanita yang yang menunda kehamilan hingga usia di atas 30 tahun berada pada lingkaran zona berisiko tinggi.

Laman aneka berita Daily Mail, Rabu (11/12/2013), mengungkapkan kehamilan awal pada usia 30 hingga 34 tahun akan lebih berisiko pada kelahiran bayi prematur, dan kematian pada bayi sebanyak 20 % dibandingkan dengan wanita yang hamil pertama pada usia 20-an. Karena itulah, beberapa dokter kandungan terkemuka di dunia memperingatkan para wanita muda untuk tidak menunda kehamilan pertama mereka hingga usia di atas 30 tahun karena dapat meningkatkan risiko dan infertilitas.

Profesor Waldenstrom dari Institut Karolinska Stockholm dan Universitas Bergen telah meneliti data dari sekitar satu juta ibu yang melahirkan pertamanya dengan rentang usia di atas 30 tahun dan membandingkannya pada kehamilan ibu di bawah usia 30 tahun. Hasil dari penelitian itu mengungkapkan bahwa wanita yang hamil di atas usia 30 tahun memiliki kemungkinan seperlima lebih tinggi  dengan kondisi bayi prematur dalam usia kandungan 22-31 pekan atau risiko kematian bayi.

Profesor Waldenstrom bahkan menganganjurkan bagi wanita yang menginginkan kehamilan untuk tidak menunda kehamilan awal mereka pada usia hingga di atas 30 tahun.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho