SOLOPOS.COM - Semangka (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO – Makan buah semangka yang banyak mengandung air tentu sangat menyegarkan bukan? Tetapi kebanyakan orang selalu mengeluh adanya biji di buah tersebut yang justru dapat menghalangi kenikmatan rasa saat mengonsumsinya.

Oleh karenannya, sebagian besar orang memilih membuang biji semangka terlebih dahulu sebelum memakannya. Tapi tahukah Anda jika biji semangka ternyata menyehatkan? Biji semangka yang selama ini dikenal dengan nama kuaci kaya akan potasium, zat besi, vitamin dan serat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Menguyah biji semangka sebelum menelannya dapat membuat semua manfaat yang terkandung dalam kuaci dapat sepenuhnya diambil oleh tubuh. Berikut beberapa manfaat yang dapat diambil dari mengonsumsi biji semangka sebagaimana dikutip Healthmeup, Kamis (13/6/2014):

  • Mengandung asam amino seperti arginin dan lisin yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Lysine dapat membantu penyerapan kalsium dan pembentukan kolagen dalam tubuh. Arginin juga dapat meningkatkan metabolism, menjaga kesehatan jantung, dan seksual.Kuaci mengandung lycopene yang membantu meningkatkan kesuburan pria.
  • Biji semangka merupakan sumber vitamin B yang membantu sistem saraf dan meningkatkan respon imun.
  • Kuaci juga baik bagi orang-orang yang baru pulih setelah sakit.

Meski banyak mengandung vitamin, namun tetaplah membatasi konsumsi kuaci, karena banyak mengadung kalori. Kuaci dapat menjadi camilan yang tepat sebelum menjalani olahraga berat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya