Kategori: Leisure

TIPS HIDUP SEHAT : Ternyata Makanan Ini Buruk untuk Pencernaan...


Solopos.com/Septina Arifiani/JIBI/Solopos

Solopos.com, SOLO — Apakah Anda sering merasa perut Anda kembung dan sakit setelah makan? Kemungkinan ada yang salah dengan makanan yang telah Anda konsumsi, terutama jika Anda mengalami masalah dengan sistem pencernaan.

Jika benar, Anda harus waspada dengan makanan yang Anda makan. Berikut beberapa makanan yang buruk untuk pencernaan manusia seperti dilansir Huffingtonpost, Sabtu (16/11/2013).

 

Mulai dari yang legit...

 

Cokelat

Aneka cokelat (chocablog.com)

Cokelat yang manis bukan hanya akan menambah berat badan Anda, namun kafein yang ada dalam cokelat dapat mengganggu sistem pencernaan. Jika perut Anda tidak kuat dengan kafein, meminum kopi atau cokelat dapat membuat Anda diare.

Jika Anda benar-benar menginginkan cokelat sementara sistem pencernaan tak memungkinkan, mungkin Anda bisa memilih cokelat hitam (dark chocolate). Cokelat hitam mengandung polifenol yang dapat memperlambat fungsi saluran cerna dan meningkatkan penyerapan air untuk mencegah diare.

Cokelat hitam merupakan sumber serat yang baik sehingga justru membuat pencernaan Anda lebih sehat.

 

Hindari juga hidangan pedas...

 

Makanan Pedas

Ilustrasi makanan pedas (orichinese.com)

Sebagian orang menganggap makanan pedas dapat meningkatkan selera makan. Namun hati-hati, makanan pedas juga bisa memicu sakit mag, terutama jika dikonsumsi dekat dengan waktu tidur.

Jjika Anda benar-benar menginginkan hidangan bercita rasa pedas, minumlah susu setelah Anda mengonsumsi hidangan jenis itu. Susu dapat membantu mendinginkan efek panas akibat mengonsumsi makanan pedas.

 

Gorengan tinggi lemak juga tak baik...

 

Makanan yang Digoreng dan Tinggi Lemak

Aneka makanan gorengan (theraddish.com)

Makan hidangan yang digoreng dan makanan tinggi lemak jenuh seperti kentang goreng, steak, dan es krim dapat mempersulit sistem pencernaan dalam perut Anda. Akibatnya, Anda akan mulas secara berlebih.

Jika Anda memang tak tahan dengan gairah menikmati makanan tersebut, sebaiknya Anda tak menggabungkan dengan minuman beralkohol untuk mencegah iritasi dalam saluran pencernaan Anda. Gantilah mentega yang tinggi lemak jenuh dengan minyak zaitun ketika memasak.

 

Hidangan masam juga tak layak...

Makanan Yang Terlalau Masam

Aneka makanan masam (laxcrossfit.com)

Jika Anda berniat baik untuk banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sehat dengan mengonsumsi banyak buah berasa masam, seperti lemon, jeruk dan tomat, justru akan meningkatkan risiko sakit mag. Namun, jika Anda bersikeras ingin memakannya, jangan mengonsumsi dalam keadaan perut kosong untuk mengurangi risiko iritasi dan peradangan.

 

 

Share