SOLOPOS.COM - Insomnia (healthmeup.com)

Tips hidup sehat kali ini membahas penyebab tidur tidak nyenyak.

 Solopos.com, SOLO — Tidur cukup di malam hari menjadi bekal wajib sebelum menjalani kegiatan di pagi hari. Namun karena beberapa alasan, seseorang seringkali mengalami gangguan tidur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apakah Anda sering mengalami gangguan tidur? Dikutip Solopos.com dari laman Huffington Post, Selasa (25/10/2016), bisa jadi inilah penyebabnya:

Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein
Kafein bisa menjadi stimulan yang menyebabkan kualitas tidur berkurang. Kafein bereaksi setelah setengah hingga satu jam Anda mengonsumsinya. Kafein bukan hanya terkandung dalam kopi. Beberapa minuman lain seperti minuman berenergi, minuman bersoda, cokelat, dan teh juga mengandung kafein. Agar tidur nyenyak, jangan mengonsumsi kafein sekitar enam jam sebelum tidur.

Stres
Stres bisa memengaruhi kualitas tidur. Orang yang sedang stres biasanya akan sulit tidur. Hasil penelitian dari American Psychological Association menjelaskan orang dewasa yang tidur kurang dari delapan jam setiap malam memiliki tingkat stres lebih tinggi. Untuk itu, cobalah bersantai dan melepaskan segala beban pikiran sebelum tidur.

Nyeri Punggung
Pegal linu dan nyeri punggung dapat mengganggu tidur. Oleh sebab itu, perhatikan posisi tidur Anda. Peneliti dari Mayo Clinic menyarankan Anda tidur dengan posisi meringkuk dan letakkan bantal di antara lutut. Cara ini dapat mengurangi risiko nyeri punggung.

Hormon
Hormon tubuh memainkan peran dalam mengatur kualitas tidur. Perubahan hormon yang tidak seimbang dapat mengganggu tidur.

Alkohol
Mengonsumsi alkohol dapat mengganggu kualitas tidur. Alkohol mengganggu proses metabolisme tubuh, sehingga menyebabkan seseorang sulit tidur nyenyak. Sebaiknya, batasi konsumsi alkohol beberapa jam sebelum tidur.

Terlambat Makan Malam
Membatasi waktu makan malam merupakan hal penting demi menjaga kualitas tidur. Makan dalam porsi besar sebelum tidur menyebabkan gangguan pencernaan. Hal itu terjadi lantaran lambung harus bekerja ekstra di waktu yang tidak semestinya. Di samping itu, makan malam dalam porsi besar juga akan menimbun lebih banyak lemak di tubuh.

Lingkungan Tidur
Lampu kamar tidur yang menyala terang serta suara musik yang keras juga menurunkan kualitas tidur. Agar tidur Anda nyenyak, sebaiknya matikan lampu kamar dan suara yang menyebabkan kebisingan. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya