SOLOPOS.COM - Seorang siswa SD sedang dites kemampuan penglihatannya dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan mata dan pembagian 1.000 kacamata gratis yang diselenggarakan Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) di Sekretariat PMS Jl Ir H Juanda, Solo, Selasa (21/5/2013). (JIBI/SOLOPOS/Maulana Surya)

Solopos.com, SOLO- Saat mata gatal dan perih kemasukan debu atau hewan kecil semua orang pasti mengucek atau menggosok matanya dengan satu jari atau telapak tangan kita. Ternyata terlalu sering mengucek mata dapat mengakibatkan kerusakan pada mata.

Bagi kebanyakan orang, menggosok lembut sesekali tidak perlu khawatir. Tetapi jika menggosok mata terlalu keras, terlalu sering atau dalam jangka lama dianjurkan jangan lakukan hal tersebut. “Hal itu dapat mengakibatkan masalah serius pada mata,” kata Profesor Charles McMonnies dari Universitas NSW seperti dilansir ABC.net.au ,Sabtu (24/5/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Memang, saat menggosok mata, anda merangsang air mata mengalir dan melumasi mata kering, menghilangkan debu dan iritan lainnya. Hal ini juga dapat mengurangi stres karena tekanan pada bola mata bisa merangsang saraf vagus untuk memperlambat detak jantung. Hal ini disebut refleks oculocardiac yang dapat membantu seseorang bersantai.

Tekanan mata kebanyakan orang akan kembali normal ketika mereka berhenti menggosok dan untuk sementara tidak ada kerusakan jangka panjang yang parah. Namun, bagi orang-orang dengan kondisi mata tertentu, peningkatan tekanan mata yang disebabkan oleh kerasnya atau seringnya menggosok bisa berakibat serius.

Misalnya, orang dengan miopia progresif dapat berakibat penglihatan mereka memburuk. Orang-orang dengan glaukoma juga dapat berpengaruh meningkatan tekanan mata karena dapat mengganggu aliran darah di mata dan menyebabkan kerusakan saraf, merugikan untuk penglihatan Anda.

Menggosok mata pada pagi hari dapat sangat berisiko bagi kornea karena dapat membengkak dari kelebihan cairan sebagai akibat dari kadar oksigen rendah saat semalam hari.

Jika anda menderita alergi, menggosok mata juga berbahaya karena kemungkinan perpindahan kuman dari tangan ke mata. “Hal tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi mata,” kata Mc Monnies.

Jadi bagaimana anda bisa menghindari untuk tidak menggosok, berikut ini beberapa saran dari Mc Monnies agar mata tetap nyaman:

1. Gunakan handuk basah yang lembut dan bersih untuk membantu mengurangi gatal setelah bangun tidur pada pagi hari.
2. Obati mata jika mengalami iritasi mata, gatal, atau alergi.
3. Mengatur agar tidak menggosok mata anda ketika stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya