SOLOPOS.COM - Ilustrasi sayuran dan buah-buahan (hqoboi.com)

Tips hidup sehat kali ini tentang pertimbangan cara mengonsumsi sayuran

Solopos.com, SOLO – Terdapat banyak cara untuk mengonsumsi sayuran. Ada yang perlu dimasak, namun ada juga yang bisa langsung dimakan dalam kondisi mentah. Masalahnya, baikkah mengonsumsi sayuran dalam keadaan mentah?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mengonsumsi sayuran dalam keadaan mentah memang tidak akan merusak kandungan nutrisi di dalamnya. Tetapi, menyantap sayuran mentah tidak selamanya baik bagi tubuh. Mengonsumsi sayuran mentah membuat seseorang lebih berisiko terserang penyakit.

Helen Bond seorang ahli gizi asal Inggris, sebagaimana dilansir laman Dailymail.co.uk, Kamis (7/5/2015), menyarankan setiap orang memasak sayuran terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Memasak sayuran setidaknya dapat memberikan rasa aman.

Dengan memasak sayuran, bakteri yang terkandung di dalamnya dapat terbunuh. Memasak sayuran juga melembutkan tekstur masakan yang akan dikonsumsi, sehingga makanan menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh.

Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran dan cara tepat untuk mengonsumsinya.

Tomat
Tomat yang telah dimasak lebih baik dikonsumsi daripada yang mentah. Setelah dimasak, kandungan Lycopene dalam buah tomat akan meningkat empat kali lipat. Lycopene merupakan pigmen atau zat yang memberi warna merah pada tomat.
Kandungan Lycopene dalam buah tomat dapat mencegah kerutan dan bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Lycopene ini juga dipercaya mampu memperlambat proses penuaan akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Zat tersebut juga dapat melindungi seseorang dari risiko penyakit jantung dan kanker prostat.

Brokoli
Brokoli sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah. Karena jika brokoli dimasak dalam suhu tinggi maka kandungan Glucoraphanin akan berkurang secara drastis. Zat Glucoraphanin ini membentuk senyawa Sulphoraphane yang berfungsi memerangi pertumbuhan sel kanker.
Tetapi, jika seseorang tidak menyukai brokoli mentah, maka boleh saja mengonsumsinya setelah direbus. Merebus brokoli sebaiknya menggunakan panci tertutup agar vitamin tidak terbuang lewat uap yang keluar saat perebusan. Proses perebusan sebaiknya tidak lebih dari lima menit.

Wortel
Wortel segar mengandung Betakaroten yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata.
Kandungan Betakaroten dalam wortel akan mudah dicerna dan diserap tubuh apabila dimasak menggunakan minyak. Betakaroten ini mudah larut dalam lemak. Agar kandungan vitamin tidak rusak, wortel sebaiknya ditumis dengan sedikit minyak dalam suhu yang tidak terlalu panas.

Bayam
Mengonsumsi bayam dalam keadaan mentah lebih baik bagi tubuh. Nutrisi yang dikandungnya tidak akan rusak. Bayam mengandung Potasium yang membantu menstabilkan tekanan darah. Bayam juga mengundang vitamin K, A, B9, C, B2, B6, E, asam folat, serta lutein.
Kandungan vitamin yang ada pada bayam berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan asam folat di dalamnya berperan penting untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Sedangkan lutein pada bayam bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Paprika Merah
Memasak parika dalm suhu yang tinggi akan merusak nutrisi di dalamnya. Paprika mengandung banyak vitamin C yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memiliki sifat yang tidak tahan pada suhu yang tinggi. Agar vitamin C ini tidak rusak, maka konsumsilah paprika tanpa dimasak. Sebaiknya, campurkan paprika dalam semangkuk salad agar lebih nikmat.

Kubis
Kubis dapat dikonsumsi dalam keadaan matang maupun mentah. Tetapi, mengonsumsi kubis yang masih mentah akan lebih bermanfaat bagi tubuh. Kubis atau kol segar mengandung vitamin C yang tinggi. Kubis juga kaya akan serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya