SOLOPOS.COM - Minum air putih (Huffingtonpost)

Tips hidup sehat kali ini terkait perlunya mewaspadai bahaya pemakaian botol bekas air kemasan.

Solopos.com, SOLO – Minum air dalam kemasan dalam jumlah yang mencukupi memang menyehatkan bagi tubuh. Kendati demikian, meminum air yang dikemas dalam botol bekas air dalam kemasan itu justru berbahaya bagi kesehatan. Mengapa?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir laman Boldsky, Minggu (14/6/2015), kebiasaan meminum air yang disimpan dalam botol bekas air kemasan itu berbahaya bagi tubuh. Pasalnya, botol plastik itu sebenarnya hanya boleh dipergunakan sekali saja.

Nyatanya, ada sebagian orang menggunakan kembali botol tersebut untuk menyimpan air. Padahal kebiasaan tersebut bisa memicu kanker.

Terlebih lagi jika air dalam botol tersebut berubah suhunya menjadi hangat karena terkena paparan sinar maupun terpapar suhu panas mesin kendaraan. Maklum saja, sebagian besar botol air kemasan yang dijual dengan harga murah dibuat dari bahan plastik berkualitas rendah.

Plastik yang biasa digunakan untuk pembuatan botol itu adalah polyethylene terephthalate. Bahan kimia itu bisa merembes keluar jika botol tersebut terkena panas atau didiamkan terlalu lama. Bahan kimia yang merembes keluar tersebut dapat berbahanya bagi kesehatan.

Oleh sebab itulah, menggunakan botol plastik itu kembali dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Maka, hindarilah penggunaan botol bekas air kemasan untuk menyimpan air.

Sebaiknya, gunakanlah botol kaca atau baja untuk menyimpan air. Atau gunakanlah botol plastik yang memang khusus untuk menyimpan air secara berulang-ulang. Botol tersebut biasanya terbuat dari bahan yang berkualitas lebih baik.

Ingat! kualitas botol memengaruhi kualitas air di dalamnya! (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya