SOLOPOS.COM - Ilustrasi Mendengarkan Musik (magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO – Penelitian membuktikan mendengarkan musik ternyata memberikan banyak manfaat bagi  kesehatan mental dan psikologis bagi pendengarnya. Perkembangan musik semakin beragam hadir untuk menghibur atau sekadar pengantar tidur  bagi sebagian besar orang.

Musik yang dengan irama yang menyentuh hati bermanfaat besar oleh para pendengarnya. Berikut empat manfaat tersembunyi yang perlu Anda ketahui di balik mendengarkan musik sebagaimana dikutip Magforwomen, Senin (28/4/2014):

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengurangi Sakit Fisik
Penelitian menunjukkan rasa sakit yang diderita seseorang dapat berkurang ketika mereka mendengarkan musik. Musik dapat mengurangi intensitas nyeri yang dirasakan oleh seseorang. Kini mendengarkan musik telah menjadi pengobatan dari berbagai klinik perawatan untuk meringankan dan mencegah rasa sakit yang dirasakan oleh pasien.

Ekspedisi Mudik 2024

Mengurangi Nafsu Makan
Ketika musik lembut diputar saat kita tengah makan, maka kita akan cenderung fokus pada apa yang kita makan dan berapa banyak makanan yang telah kita konsumsi. Tapi, Anda harus pastikan musik yang diputar berirama lembut, jika sebaliknya, mendengarkan musik gembira dan beirama menghentak Anda akan cenderung makan dengan porsi yang lebih banyak.

Meningkatkan Fungsi Pembuluh Darah
Penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik berirama gembira dapat memberikan perbedaan nyata pada fungsi pembuluh darah bagi pendengarnya. Ada peningkatan aliran darah dan membuat jantung memompa darah dengan irama lebih teratur. Tentu saja ini akan berefek baik terhadap jantung serta tubuh karena pasokan oksigen ke otak selalu terjaga.

Meningkatkan Mood dan Mencegah Depresi
Telah terbukti dalam sebuah penelitian mendengarkan musik favorit dapat meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi. Terapi musik menjadi cara cepat untuk mengobati masalah psikologis karena dapat menenangkan saraf dan membantu otak mengirimkan sinyal positif bagi tubuh.

Mendengarkan musik tak hanya sebagai sebuah kegemaran tetapi juga membantu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Jadi, selamat mendengarkan musik favorit Anda…

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya