SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan menggunakan tangan (marcinasia.com)

Solopos.com, SOLO Bagi sebagian orang makan menggunakan tangan memang sudah tak lazim. Dengan berbagai alasan seperti kurang sopan dan kurang higienis, menjadi alasan mereka lebih memilih makan menggunakan sendok. Tapi, tahukah Anda ternyata ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari makan menggunakan tangan?

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda dapatkan dari makan menggunakan tangan sebagaimana dilansir Healthmeup, Sabtu (23/8/2014):

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Memicu Otak Mempersiapkan Enzim yang Tepat
Tidak seperti ketika menggunakan sendok atau garpu, makan menggunakan tangan akan membuat  jari-jari Anda mengontak langsung makanan sebelum memasukkannya ke dalam mulut Anda. Ujung saraf Anda di jari-jari Anda dapat merasakan suhu dan tekstur makanan, sehingga dapat mempersiapkan otak untuk mengenali jenis makanan yang akan Anda makan. Otak akan melepaskan cairan pencernaan dan enzim yang tepat setelah merasakan makanan yang Anda sentuh. Selain itu, Anda juga dapat terhindar dari suhu panas makanan karena jari-jari Anda telah merasakan sebelum memasukkan ke dalam mulut.

Mengandung Bakteri Baik
Tubuh kita memiliki jenis bakteri tertentu yang dapat melindungi kita dari bakteri berbahaya di lingkungan. Bakteri ini berada di tempat-tempat seperti kami tangan, mulut, tenggorokan, usus, dan sisanya di sistem pencernaan kita. Saat Anda makan dengan tangan, bakteri baik tersebut akan ikut masuk ke dalam tubuh kita untuk melindungi berbagai macam bakteri jahat.  Tentu saja, penting bagi Anda untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah Anda makan, untuk memastikan tangan Anda tetap bersih dan higienis.

Lebih Merasakan Nikmatnya Makanan
Ketika Anda makan dengan menggunakan tangan, Anda dapat benar-benar memperhatikan apa yang Anda makan. Tidak hanya Anda membuat nafsu makan Anda menjadi lebih baik, Anda juga dapat lebih menikmati makanan tersebut daripada saat Anda makan menggunakan sendok dan garpu. Anda juga lebih menyadari seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat mencegah makan terlalu berkebihan yang akan berujung pada obesitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya