SOLOPOS.COM - Kacang panjang, salah satu makanan yang ampuh mengatasi kelelahan (Boldsky)

Tips hidup sehat tentang makanan yang ampuh mengatasi tubuh yang lelah.

Solopos.com, SOLO – Padatnya aktivitas yang dilakukan sehari-hari membuat tubuh terasa lelah. Kondisi tubuh yang lelah membuat seseorang mengantuk dan sulit berkonsentrasi. Selama ini, olahraga diyakini sebagai cara ampuh mengatasi tubuh lelah. Kendati demikian, kebanyakan orang terkadang enggan berolahraga lantaran aktivitas mereka yang begitu padat.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Padahal, olahraga bukanlah satu-satunya cara untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap vit. Ada cara lain yang lebih praktis untuk menjaga kebugaran tubuh, yakni dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi.

Ekspedisi Mudik 2024

Nah, apa saja makanan yang mampu mengatasi kelelahan? Dilansir Boldsky, Selasa (22/11/2016), berikut beberapa makanan yang mampu menjaga kebugaran tubuh:

Yoghurt
Yoghurt merupakan salah satu makanan yang cepat diserap tubuh guna menghasilkan energi. Yoghurt makanan itu kaya karbohidrat dan protein yang dapat membantu mengatasi kelelahan pada tubuh. Selain itu, yoghurt mengandung probiotik yang bagus untuk sistem pencernaan. Konsumsilah satu gelas yoghurt setiap pagi agar tetap bugar sepanjang hari.

Pisang
Pisang adalah salah satu jenis buah terbaik yang mampu menjaga kebugaran tubuh. Kandungan potasium pada buah pisang mampu mengubah gula menjadi energi. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B, C, serat, karbohidrat, omega 3, dan lemak nabati yang mengurangi risiko dehidrasi pada tubuh. Sebaiknya, makanlah satu buah pisang saat makan malam setiap hari.

Sereal
Mengonsumsi sereal saat sarapan sangatlah dianjurkan. Karbohidrat yang terkandung dalam sereal mampu menutrisi tubuh sepanjang hari. Sereal juga mengandung protein dan mineral yang diperlukan untuk menambah konsentrasi otak.

Kacang panjang
Mengonsumsi kacang panjang ternyata ampuh menjaga kebugaran tubuh. Kacang panjang mengandung karbohidrat kompleks, protein, mineral seperti potasium, dan fosfor yang mampu menutrisi tubuh. Sebaiknya, konsumsi kacang panjang yang direbus saat makan siang atau makan malam.

Biji labu
Biji labu mengandung omega 3 dan vitamin yang ampuh mengatasi kelelahan. Selain itu, kandungan asam amino dalam biji labu mampu membantu meredakan stres dan membuat tidur lebih nyenyak. Sebaiknya konsumsilah biji labu yang telah dipanggang atau direbus sebagai camilan.

Teh hijau
Selain dipercaya dapat melangsingkan tubuh, teh hijau ternyata mampu mengatasi kelelahan. Kandungan polifenol dalam teh hijau dipercaya mampu meredakan stres dan meningkatkan energi. Teh hijau juga mampu meningkatkan metabolisme yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya, konsumsilah satu gelas teh hijau setiap pagi, sesaat setelah bangun tidur. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya