Kategori: Leisure

TIPS HIDUP SEHAT : Inilah Rahasia Memasak Makanan Lebih Sehat


Solopos.com/Septina Arifiani/JIBI/Solopos

Solopos.com, SOLO – Makanan sehat tak hanya akan membuat Anda menjadi lebih bugar, tetapi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menghindarkan diri dari berbagai penyakit. Sebuah makanan dapat menjadi makanan yang sehat untuk dikonsumsi tergantung dari cara Anda memasaknya.

Berikut beberapa tips memasak makanan yang dapat Anda coba agar masakan menjadi lebih sehat sebagaimana dikutip Magforwomen, Rabu (23/7/2014):

Hindari Menggoreng
Usahakan untuk selalu memasak dengan cara merebus tanpa menggoreng. Makanan yang digoreng akan menghilangkan sebagian nutrisi penting yang ada pada makanan tersebut. T ak hanya itu, menggoreng juga akan menambahkan lemak jenuh, kolesterol, dan garam yang tidak baik untuk kesehatan. Usahakan untuk memasak makanan dengan cara merebusnya.

Gunakan Makanan Segar
Usahakan untuk selalu memasak dari bahan makanan segar. Makanan yang diawetkan mengandung banyak sodium atau garam di dalamnya yang tidak baik untuk kesehatan jantung Anda. Usahakan untuk  selalu memasak sayur untuk menyeimbangkan makanan lain yang Anda masak.

Minimalkan Minyak dan Garam
Setiap minyak dapat berdampak buruk bagi Anda, termasuk minyak zaitun saat Anda memasaknya dengan cara yang salah atau menambahkannya dalam jumlah besar. Cobalah untuk tidak menggoreng makanan atau dapat menggantinya dengan cara menumis dengan sedikit minyak. Perlu diingat juga untuk meminimalisir penggunaan garam.

Mencuci Daging dan Sayuran Sebelum Dimasak
Ada beberapa bakteri dan virus yang ditemukan dalam daging dan sayuran yang dapat menyebabkan penyakit serius. Bakteri ini dapat Anda hindari dengan membersihkan daging dan sayuran secara menyeluruh dan teliti sebelum Anda memasaknya. Tambahkan sedikit garam saat mencuci selada, anggur, dan daging untuk mengusir bakteri yang menempel pada bahan makanan tersebut.

Masak Dengan Api Kecil
Memasak dengan cara dibakar memang dapat menciptakan rasa lezat di makanan. Namun, kandungan karsinogen dalam makanan yang Anda bakar dapat membuat makanan menjadi tak sehat. Masaklah dengan api kecil sehingga Anda tidak menggosongkan makanan Anda.

Share