TIPS HIDUP SEHAT : Inilah Cara Tepat Merawat Daerah Rahasia Wanita
Ilustrasi pelindung daerah rahasia wanita (Healthmeup.com)

Solopos.com, SOLO – Sebagian besar wanita cenderung fokus merawat kesehatan kulit dan wajah. Maklum saja, kulit dan wajah merupakan bagian tubuh yang sering kali leluasa dilihat oleh orang lain.

Sebenarnya merawat seluruh bagian tubuh sangat penting dilakukan oleh wanita, tak terkecuali merawat bagian rahasia mereka. Terlebih lagi, karena perawatan yang keliru pada daerah rahasia wanita itu bisa berakibat fatal

Merawat secara keliru organ kewanitaan dapat menyebabkan penyakit maupun gangguan kesehatan reproduksi lain. Berikut beberapa hal yang harus Anda—para wanita—perhatikan untuk menjaga kesehatan organ vital itu agar tetap sehat dan bersih seperti dilansir Healthmeup, Minggu (9/2/2014).

Jangan Gunakan Sabun
Terkadang bau di vagina sangat kuat, dan karenanya wanita sering kali mencucinya dengan sabun atau cairan pembersih lainnya. Sejatinya cara itu tak tepat. Hentikanlah kebiasaan itu!
Vagina bisa bersih dengan sendirinya karena tubuh kita memiliki sistem untuk mengatasinya. Selain itu selama masa menstruasi, jagalah kebersihan dengan mencuci daerah kewanitaan menggunakan air bersih.

Jaga Kebersihannya saat Menstruasi
Untuk menjaga kesehatan daerah yang terbilang sensitif itu agar senantiasa bersih dan sehat, penting bagi Anda—para wanita—untuk selalu menjaga kebersihan selama masa menstruasi. Kerap-keraplah mengganti pembalut dan jangan menggunakan satu pembalut terlalu lama. Penggunaan pembalut terlalu lama hanya akan membuat bakteri berkembang pesat dan menyebabkan iritasi.

Pakailah Celana Berbahan Katun
Jangan menggunakan celana dalam hanya karena terlihat bagus jika dipandang. Perhatikan juga bahannya saat memilih celana dalam. Pilihlah celana dalam berbahan dasar katun, karena bahan katun cenderung lebih cepat kering sehingga mencegah jamur berkembang biak di daerah rahasia wanita.

Kenakan Celana Longgar
Mengenakan celana ketat seperti jin membuat kondisi organ kewanitaan lembab sehingga menimbulkan infeksi jamur. Jadi selalu kenakan celana longgar agar kesehatan daerah rahasia wanita lebih terjamin.

Rutin Memangkas Rambut
Mencukur rambut di bagian kewanitaan haruslah rutin dilakukan. Rambut yang berlebihan di sekitar vagina dapat membuat kondisi seputar organ kewanitaan itu lembab dan dapat memudahkan bakteri berkembang biak.

Banyak Minum Air Putih
Perbanyaklah minum air putih untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan Anda. Air dapat membantu membuang bakteri yang ikut keluar bersama urine dan membantu meningkatkan kesehatan vagina Anda.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom