SOLOPOS.COM - Brokoli (addapinch.com)

Solopos.com, SOLO – Diabetes merupakan penyakit kelainan metabolik yang disebabkan oleh berbagai  faktor dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.

Penderita diabetes harus menjaga asupan makanan agar penyakit diabetes yang diderita juga tak semakin bertambah parah hanya karena asupan makanan yang salah. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagaimana ditilik solopos.com, Rabu (2/4/2014) dari laman Reader’s Digest :

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan kandungan flavonoid, berdasarkan penelitian nutrisi ini dapat berfungsi mengurangi resistensi insulin, meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar insulin dan glukosa dalam darah. Flavonoid dalam cokelat juga telah terbukti menurunkan resiko stroke, menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung sebesar 2% lebih dari 5 tahun.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes. Brokoli mengandung senyawa sulforaphane. Senyawa tersebut dapat memicu proses anti-inflamasi yang meningkatkan kontrol gula darah dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan jantung yang seringkali menjadi konsekuensi diabetes. Sulforaphane juga dapat meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami tubuh.

Ikan

Ikan kaya akan protein yang dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Ribuan studi menujukkan bahwa orang dengan kadar asam lemak tinggi berakibat peradangan yang akan mengarah dan memperburuk penyakit diabetes dan masalah berat badan. Diet ikan juga dapat mengurangi risiko terkena masalah kesehatan terutama stroke sebagai dampak diabetes yang diderita.

Minyak Zaitun

Menurut studi terbaru di Spanyol mengungkapkan, minyak zaitun dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebanyak 50% jika dibandingkan dengan diet rendah lemak. Sumbar lemak tak jenuh ini juga kaya akan nutrisi antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan dan mencegah penyakit jantung.

Bayam

Menurut penelitian di Inggris bayam merupakan salah satu sayuran yang telah terbukti menurunkan risiko penyakit diabetes. Sayuran ini kaya akan vitamin K serta mineral termasuk magnesium, folat, kalium, forfor dan seng  yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bagi penderita diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya