SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilek (Thinkstock)

Tips hidup sehat kali ini terkait langkah mudah mengatasi pilek kala di rumah.

Solopos.com, SOLO – Perubahan musim dapat memicu penyakit, salah satunya pilek. Jika tidak segera diobati, penyakit ini bisa cepat menular.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Kebanyakan orang mengatasi pilek dengan meminum obat. Padahal ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi pilek dengan memanfaatkan potensi di seputaran rumah.

Bagaimana caranya? Dilansir laman Boldsky, Rabu (10/6/2015), berikut ini cara mudah mengatasi pilek tanpa obat.

Minum Wedang Jahe
Meminum wedang jahe dipercaya mampu mengatasi pilek. Jahe dapat mengahangatkan tubuh dan meredakan sakit kepala. Di samping itu, aroma jahe yang kuat juga mampu mengatasi hidung tersumbat.

Minum Cinnamon atau Cardamom Tea
Teh cinnamon atau cardamom tea yang dikenal pula dengan nama kehwah atau kahwah bisa pula diandalkan untuk mengatasi pilek. Teh ini merupakan minuman tradisional orang Afganistan. Untuk membuat teh ini, rebuslah secangkir air dan tambahkan satu batang kayu manis, tiga butir kapulaga, setengah sendok teh kacang almon yang dihancurkan, sejumput saffron, serta gula pasir secukupnya. Rebus ramuan tersebut selama 20 menit dan minum tiga kali sehari.

Minum Madu
Madu yang bersifat antibakteri dapat pula meredakan pilek dan sakit tenggorokan. Campurkan sesendok teh madu dengan satu sendok makan perasan air jeruk lemon. Minum ramuan tersebut setiap empat jam dalam sehari. Ramuan tersebut dipercaya dapat mengencerkan dahak.

Makan Kuah Sup Ayam
Semangkuk sup ayam hangat dapat menghangatkan tubuh dan mengusir pilek. Selain itu, kuah sup ayam juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi sup ayam tiga kali sehari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk meredakan pilek, tambahkan bubuk merica pada kuah sup. Merica dapat mengatasi hidung tersumbat serta menghangatkan tubuh. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya