SOLOPOS.COM - Ilustrasi ciuman (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SOLO – Menurut penelitian terbaru, berciuman merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mengukur pasangan kita di masa depan. Penelitian lain yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Oxford University juga mengatakan keterikatan antara ciuman dengan kualitas hubungan yang terjalin.

Selain meningkatkan keterikatan hubungan, ternyata ciuman mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan lo. Berikut ini adalah 5 manfaat ciuman seperti dilansir Huffington Post, Jumat (11/10/2013):

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1.    Berciuman Bagus untuk Gigi Anda

Berciuman dapat merangsang produksi air liur yang dapat mencuci bakteri berbahaya dari gigi, mengurangi penumpukan plak.

2.    Berciuman Hilangkan Kerut Wajah

Ternyata berciuman dapat membakar kalori lo. Ketika berciuman otot-otot di sekitar wajah Anda dapat mengerut dalam waktu yang singkat namun akan memberikan efek yang besar sesudahnya. Kerut-kerut di wajah Anda dapat berkurang.

3.    Berciuman dapat Memacu Imunitas

Ketika berciuman, terjadi pertukaran kuman melalui mulut. Padahal satu kuman saja ternyata sangat berbahaya bagi wanita hamil. Peneliti percaya berciuman adalah cara untuk memperkenalkan virus kepada seorang wanita dalam dosis yang kecil sebelum dia hamil, sehingga memicu tubuhnya untuk melawan virus sebelum menurunkannya ke anak yang dikandungnya kemudian.

4.    Meringankan Stres

Perasaan relaksasi pascaciuman tidak semua hanya dirasakan di kepala. Menurut penelitian yang dilakukan di tahun 2009 baik pria maupun wanita yang berciuman mengalami penurunan kortisol. Kortisol adalah hormon yang sangat terkenal dan hormon ini akan keluar jika Anda mengalami stres. Ketika kita stres, maka otomatis korteks adrenal akan mengeluarkan suatu hormon stres primer yang bernama Kortisol yang juga dikenal sebagai hormon katabolik (pembongkar), dengan keluarnya hormon kortisol ini mengakibatkan perubahan proses metabolisme tubuh, gula darah kita menjadi naik.

5.    Meringankan Gejala Alergi

Jika Anda terserang flu karena alergi musiman dan bukan sesuatu yang menular, mungkin ide yang baik untuk Anda adalah dengan berciuman. Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa pasangan yang berciuman selama 30 menit memiliki tingkat alergen yang lebih rendah sehingga mengurangi risiko bersin dan tersedak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya