SOLOPOS.COM - Ilustrasi diet (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO –Salah satu tips diet hidup sehat yang dianjurkan ahli medis yakni diet Mediterania. Dwi Sarbini dosen Prodi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan UMS, memberikan anjuran pola makan dalam diet Mediterania.

Ini dia daftar pola makan diet Mediterania.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Sayuran dan buah harus mendominasi makanan. Diusahakan makanan yang segar dan utuh tanpa melalui proses masak. Diet ini tidak disarankan makan wortel, apel dan pisang.
2. Makanan ringan boleh dalam menu makan namun sebaiknya beralih dari roti gandum dan sereal ke beras gandum atau beras merah dan produk pasta. Salad buah adalah cara yang tepat untuk makan sehat.
3. Mengganti  camilan dengan kacang-kacangan dan biji-bijian yang merupakan sumber serat yang baik, protein dan lemak sehat. Dihindari almond, kacang mete, pistachio dan walnut. Semua itu dapat diganti dengan selai kacang alami, bukan jenis dengan lemak.
4. Mengunakan zaitun atau minyak canola sebagai pengganti sehat untuk mentega atau margarin. Diusahakan selalu menbubuhkan minyak zaitun di atas sayuran dan pasta masak serta selalu menambahkan minyak zaitun dan bawang putih untuk bumbu dalam setip masakan.
5. Sebaiknya konsumsi ikan setidaknya 2 kali sepekan. Memanggang dan membakar ikan adalah pilihan yang tepat.  Dihindari melapisi ikan dengan tepung dan menggorengnya.
6. Membatasi daging merah dan sebagai gantinya makan ikan atau unggas. Dihindari juga konsumsi makanan olahan seperti sosis, baso dan olahan lainnya.
7. Dipilih susu rendah lemak. Dibatasi produk susu lemak tinggi, seperti keju dan es krim, lebih baik beralih ke susu skim, yoghurt bebas lemak dan keju rendah lemak.

 

Sumber: Dwi Sarbini dosen Prodi Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan UMS

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya