Kategori: Leisure

TIPS HIDUP SEHAT : Hindari Makanan Ini Jelang Tidur Malam


Solopos.com/Septina Arifiani/JIBI/Solopos

Solopos.com, SOLO – Tidur malam yang terganggu dapat mengganggu aktivitas keesokan harinya dan terparah adalah menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Berbagai faktor dapat berpengaruh besar pada tidur seseorang, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi sebelum tidur.

Berikut beberapa makanan yang seharusnya Anda hindari sebelum tidur malam sebagaimana dikutip Healthmeup, Minggu (1/6/2014):

Gorengan
Gorengan merupakan cara mudah untuk mengurangi rasa lapar di malam hari, tapi kita harus tahu bahwa makanan yang digoreng seperti keripik dan kentang goreng mengandung lemak jenuh tinggi dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Mengkonsumsi junk food dapat menyebabkan perut terasa tidak nyaman atau bahkan kram. Cobalah sayuran kudapan cepat seperti wortel mentah atau kacang-kacangan jika Anda merasa lapar di malam hari.

Makanan Pedas
Orang seringkali makan makanan pedas sebelum tidur malam, tapi tahukah Anda jika makanan pedas dapat menyebabkan peningkatan jumlah asam lambung? Jika hal itu terjadi, Anda akan merasa seperti terbakar di dada dan perut kembung serta gelisah. Jadi, pilihlan makanan ringan sebelum tidur dan pastikan Anda makan malam setidaknya tiga jam sebelum Anda tidur.

Cokelat
Cokelat tinggi gula dan lemak dan menyebabkan seseorang terjaga dalam waktu yang lama. Gula juga mengandung kafein yang merupakan stimulan yang dapat membuat seseorang tetap terjaga lebih lama. Jadi, hindari mengonsumsi sebatang coklat sebelum tidur.

Minuman Bersoda
Banyak orang tidak bisa meninggalkan cola setelah makan malam. Cola mengandung gula dan kafein yang dapat membuat Anda terjaga lebih lama. Tak hanya itu, cola juga dapat membuat Anda sering terbangun untuk buang air kecil. Cola tak memiliki kandungan gizi dan hanya akan menjadi sampah yang dikeluarkan oleh tubuh.

Es Krim
Es krim mungkin merupakan makanan yang sangat lembut, tetapi ternyata memiliki efek buruk bila dikonsumsi sebelum tidur. Es krim mengandung lemak yang tidak mudah dicerna. Es krim juga mengandung banyak gula yang tak baik jika dikonsumsi sebelum tidur. Menurut sebuah penelitian terbaru juga mengungkapkan mengonsumsi makanan manis sebelum tidur dapat menyebabkan mimpi buruk dan mengganggu pola tidur.

Share