SOLOPOS.COM - Cucamelon (Healthyfoodteam.com)

Tips hidup sehat kali ini tentang buah cucamelon yang berukuran mini namun bermanfaat besar.

Solopos.com, SOLO – Pernahkah Anda mendengar buah cucamelon? Ya, buah ini memang belum akrab terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Buah ini berukuran sebesar anggur, dengan ciri fisik seperti semangka, bertekstur seperti mentimun, namun memiliki rasa segar seperti jeruk nipis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Beberapa orang menduga cucamelon merupakan buah hasil rekayasa genetika. Tapi, anggapan itu tidaklah benar. Buah ini telah dikonsumsi selama berabad-abad oleh masyarakat Meksiko. Buah ini kerap diolah menjadi acar, campuran salad, hingga pelengkap sandwich. Tak hanya memiliki rasa yang segar, buah unik yang satu ini juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Dikutip Solopos.com dari laman Healthy Food Team, Kamis (29/12/2016), meski berukuran kecil, cucamelon memiliki kandungan gizi yang cukup besar. Sejumlah hasil penelitian memaparkan kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin pada buah ini dapat mencegah penyakit stroke, jantung koroner, hingga kanker. Selain itu, buah ini diklaim sangat cocok dikonsumsi bagi pelaku diet, karena kaya serat, rendah kalori, dan lemak.

Kendati memiliki banyak manfaat, belum banyak orang membudidayakan tanaman ini. Padahal, perawatan cucamelon diklaim lebih mudah ketimbang mentimun. Pasalnya, tanaman yang satu ini lebih kebal terhadap berbagai hama, dan bisa ditanam di tanah kering. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya