TIPS HIDUP SEHAT : Biji Chia, Si Kecil Bermanfaat Besar
Biji chia (Livestrong.com)

Tips hidup sehat kali ini tentang biji chia, yang punya manfaat besar.

Solopos.com, SOLO – Biji Chia agaknya belum begitu familier di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, biji chia ini diklaim memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Dikutip Solopos.com dari Huffingtonpost, Jumat (23/12/2016), biji chia tumbuh subur di beberapa negara Amerika Latin, seperti Meksiko dan Guatemala. Biji chia itu telah dikenal sebagai makanan pokok suku Inca, Maya, Aztec, dan penduduk asli Amerika Latin lainnya. Mereka meyakini biji chia merupakan salah satu makanan bergizi tinggi yang dapat meningkatkan daya tahan serta energi tubuh.

Biji chia berbentuk butiran kecil yang tidak memiliki rasa alias hambar. Saat ini, ada dua jenis biji Chia yang dijual di pasaran, yakni biji Chia putih dan hitam. Keduanya sama-sama memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Namun, menurut beberapa orang biji chia putih memiliki rasa yang lebih gurih dan bertekstur lebih renyah.

Di Amerika, biji chia kerap disajikan sebagai pelengkap sajian makanan dan minuman, seperti sereal, yoghurt, nasi, bubur, saus, dan jus. Selain sebagai pelengkap, pada umumnya biji chia dikonsumsi dengan cara mencampurnya ke dalam air minum. Selain itu, biji chia juga bisa dipakai sebagai bahan baku pembuatan jeli. Caranya, campurkan dua sendok makan biji chia dengan dua gelas air. Aduk kedua bahan itu hingga merata dan simpan dalam lemari es.

Mau tahu manfaat apa saja yang terkandung dalam biji chia? Simaklah ulasan yang dihimpun Solopos.com dari laman Popsugar, berikut ini:

Menurunkan bobot tubuh
Beberapa hasil penelitian memaparkan biji chia mengandung omega-3, serat, karbohidrat, protein, antioksidan, kalsium, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, biji chia juga mampu menyerap banyak air yang menimbulkan rasa kenyang lebih lama yang membuatnya cocok dikonsumsi oleh pelaku diet. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam biji chia dapat membantu melancarkan saluran pencernaan.

Menjaga kebugaran tubuh
Selain cocok dikonsumsi sebagai menu diet, kandungan protein dan asam lemak omega-3 dalam biji chia juga mampu menghilangkan rasa lelah yang membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Di samping itu, biji chia juga mampu mengontrol kadar gula darah, sehingga cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Mencegah penuaan
Kandungan vitamin serta antioksidan dalam biji chia berperan penting memperlambat proses penuaan. Kadar antioksidan yang tinggi itu diklaim mampu mencegah timbulnya kerutan dan menjaga elastisitas kulit.

Meski kaya manfaat, Anda tetap harus mengatur porsi biji chia yang hendak dikonsumsi. Mengonsumsi berlebihan justru akan membuat perut terasa kembung, karena biji chia mengandung serat yang cukup tinggi.

Biji chia akan berubah bentuk menjadi seperti biji selasih dengan tekstur lengket ketika dicampur ke dalam air. Bagi sebagian orang tekstur lengket pada biji chia itu akan membuat mereka mual. Sebuah studi di California’s Helath Care menyebut jika mengonsumsi biji chia yang dilarutkan secara berlebihan dapat menyumbat tenggorokan yang berakibat fatal. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom