SOLOPOS.COM - Ilustrasi buah pisang (Healthmeup.com)

Solopos.com, SOLO – Manfaat mengonsumsi buah sudah tak perlu diragukan. Kandungan vitamin dan serat yang ada dalam buah dipercaya mampu memberikan manfaat yang sangat besar bagi tubuh.

Di antara semua jenis buah yang paling banyak dijumpai di Indonesia adalah pisang. Buah berwarna kuning ini hampir selalu dipastikan selalu hadir di setiap toko buah maupun pasar tradisional. Buah yang satu ini memang selalu menjadi primadona banyak kalangan.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Di samping rasanya yang manis, buah pisang dipercaya memiliki banyak manfaat. Berikut ulasan mengenai manfaat buah pisang sebagaimana dilansir Healthmeup, Jumat (17/1/2014).

Membantu Menurunkan Berat Badan
Penelitian menunjukkan bahwa pisang merupakan teman yang baik dalam program diet Anda. Pada satu buah pisang memiliki sekitar 90 kalori yang membuatnya memiliki kalori yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan permen. Selain itu kandungan serat yang ada dalam buah ini dapat menyerap air dan memperlambat pencernaan yang mampu membuat Anda berasa kenyang lebih lama.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Satu buah pisang memiliki kandungan sekitar 2,5 gram serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan Anda. Serat inilah yang dapat membantu Anda dalam buang air besar secara teratur.

Mengurangi Sakit saat Menstruasi
Sebuah penelitian menujukkan bahwa kandungan potasium pada pisang dapat mengurangi kram yang biasanya disebabkan karena kekurangan kalium. Pisang yang memiliki kandungan vitamin B6 dapat mengurangi retensi cairan. Hal inilah yang dapat membantu mengurangi kembung saat menstruasi.

Menyehatkan Mata
Pisang mengandung sejumlah vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Setiap buah pisang memiliki setidaknya 10 mikrogram vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Menormalkan Fungsi Jantung
Pisang kaya akan potasium dan eletrolit mineral. Pada setiap buah pisang terbukti memiliki sekitar 360 miligram kalium untuk tubuh untuk Anda. Kekurangan kalium di dalam tubuh dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur yang dapat mengancam kesehatan. Oleh karena itu, mengonsumsi pisang secara teratur dapat membantu menormalkan fungsi jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya