TIPS HIDUP SEHAT : 5 Cara Ini Ampuh Hilangkan Bau Kentut
Ilustrasi kentut (Instagram)

Tips hidup sehat kali ini tentang lima cara yang mampu menghilangkan bau kentut.

Solopos.com, SOLO – Menurut penelitian setiap orang kentut sebanyak 14 kali dalam sehari, bahkan lebih. Kentut terkadang menimbulkan aroma menyengat yang tentunya tak bersahabat bagi hidung.

Bau kentut yang menyengat berasal dari campuran gas nitrogen, hidrogen, karbon dioksida, dan metana. Terkentut di depan umum dengan mengeluarkan bau busuk akan membuat seseorang malu. Bau busuk pada kentut biasanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi.

Sebenarnya, bau kentut bisa bisa dikurangi bahkan dihilangkan dengan cara sederhana. Mau tahu caranya? Simak tips yang dihimpun Solopos.com dari laman Boldsky, Jumat (3/2/2017), berikut ini:

Hindari konsumsi makanan berlemak
Makanan berminyak dan berlemak dapat membuat seseorang lebih sering mengeluarkan kentut berbau busuk. Sebab, kandungan lemak dan minyak dapat meningkatkan produksi gas di usus. Selain itu, kandungan lemak yang tinggi pada suatu makanan bisa membuat bau kentut semakin menyengat.

Hindari minuman bersoda
Minum minuman bersoda juga bisa meningkatkan produksi gas di lambung yang menyebabkan seseorang lebih sering berkentut. Sementara bau busuk kentut disebabkan oleh kandungan sorbitol alias pemanis buatan yang tinggi pada minuman tersebut.

Hindari makanan mengandung sulfur
Jika tak ingin kentut menjadi bau, maka kurangilah konsumsi makanan yang kaya sulfur seperti, bawang, telur, dan daging mentah. Makanan yang tinggi sulfur dapat membuat kentut berbau busuk meski Anda telah buang air besar.

Perbanyak konsumsi teh
Guna mengurangi bau busuk kentut, Anda harus mengonsumsi teh dalam porsi lebih banyak. Sebab, kandungan alami teh dapat mengurangi perkembangan bakteri penyebab bau kentut. Selain itu, teh juga berperan sebagai antioksidan alami yang membuat tubuh lebih sehat.

Perbanyak konsusmsi sayur dan buah
Selain teh, bau busuk kentut juga bisa dihilangkan dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur. Sebab, kandungan serat dalam sayur dan buah bisa mencegah penumpukan kotoran di usus yang menyebabkan kentut menjadi bau. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom