TIPS HIDUP SEHAT : 4 Cara Jaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

 Ilustrasi bekerja di depan komputer (Boldsky.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bekerja di depan komputer (Boldsky.com)

Tips tentang empat cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer.

Solopos.com, SOLO – Menatap layar komputer dalam waktu lama meningkatkan risiko kerusakan mata. Radiasi sinar dari layar komputer membuat mata cepat lelah. Jika dipaksakan, lama-kelamaan Anda akan mengalami gangguan mulai dari rabun jauh hingga kebutaan.

Baru-baru ini, ada seorang wanita berusia 21 tahun dari Tiongkok yang mengalami kebutaan parsial gara-gara terlalu asyik main gim di komputer selama 24 jam. Dia diagnosis mengalami kerusakan retina, seperti yang umum terjadi pada orang tua. Padahal, kondisi ini sangat jarang terjadi pada orang seusianya. Oleh sebab itu, mulai sekarang Anda perlu berhati-hati dan menjaga kesehatan mata agar tidak mengalami kondisi serupa.

Tak cukup hanya mengonsumsi makanan tinggi vitamin, Anda juga harus memperhatikan berbagai hal saat bekerja di depan komputer. Nah, apa saja yang harus dicermati agar mata tetap sehat meski harus menatap layar komputer dalam waktu lama? Simak info yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Kamis (12/10/2017), di bawah ini:

Atur pencahayaan

Layar komputer yang terlalu terang berisiko meningkatkan kerusakan mata. Sebaiknya, sesuaikan tingkat kecerahan layar dengan cahaya lampu di ruangan. Bila perlu pasang plastik peredam cahaya agar mata tetap sehat. Ingat, jangan pernah menyalakan komputer di ruang yang redup. Pastikan pencahayaan di sekitar Anda cukup, tidak terlalu terang atau gelap.

Sering berkedip

Jangan biarkan mata terlalu lama menatap ke layar komputer. Berkediplah sesering mungkin untuk meringankan kerja mata yang tegang. Saat berkedip, mata akan mengeluarkan cairan khusus untuk menjaganya tetap lembap dan mengendurkan otot yang tegang. Bila perlu pakai obat tetes untuk menyegarkan mata.

Istirahatkan mata

Istirahatkan mata secara berkala. Tidak perlu waktu lama, Anda bisa memejamkan mata selama satu sampai dua menit agar otot yang tegang menjadi lebih rileks. Lakukan hal ini minimal satu jam sekali. Jika mata sudah benar-benar lelah sampai menimbulkan rasa nyeri di bagian kepala, sebaiknya beranjaklah dari tempat duduk untuk melihat pemandangan lain. Lihatlah pemandangan di luar kantor lewat jendela untuk menghilangkan kepenatan.

Periksa mata secara berkala

Terakhir, periksakan mata secara berkala ke dokter spesialis. Pemeriksaan ini sangat penting untuk mengetahui kesehatan mata Anda. Cek kesehatan mata minimal setahun sekali untuk mengetahui kondisinya. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Neraca Perdagangan Indonesia Surplus US$35,34 M, Tertinggi Sejak 2006

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut neraca perdagangan Indonesia pada 2021 mengalami surplus tertinggi sejak 2006 atau 15 tahun lalu.

Sampah Kayu di Kali Buntung Sukoharjo Bersih Usai Dikeruk Alat Berat

Proses pengerukan sampah kayu di Jembatan Cendini selama sekitar tiga jam dan akhirnya aliran air Kali Buntung kembali lancar.

Duh! Moto GP Mandalika Bisa Terancam Gegara Aturan Karantina

Baru-baru ini, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyatakan tak mau menggelar balapan di negara yang menerapkan karantina untuk pembalap hingga kru.

Pekan Ini Jembatan Gantung Girpasang Klaten Segera Diresmikan

Jembatan gantung membentang sejauh 120 meter di atas jurang sedalam 150 meter antara Dukuh Ngringin dengan Dukuh Girpasang

Siap Layani Penerbangan Haji, Garuda akan Pakai Jenis Pesawat Ini

Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan armada khusus penerbangan haji pada 2022.

Kabar Duka, Kades Glagahwangi Klaten Berpulang pada Usia 41 Tahun

Kades Glagahwangi, Polanharjo, Klaten, Atit Novitasari, meninggal dunia di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, Selasa (18/1/2022) pukul 09.00 WIB.

Soal Bank Sampah di Tiap RW untuk Papi Sarimah, DLH Solo: Dikaji Dulu!

Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Solo menyatakan perlu dikaji dulu soal usulan satu bank sampah di tiap RW untuk mendukung program Papi Sarimah.

Mengenal Frederika Cull, Pemeran Miranda di Layangan Putus

Bagaimanakah perasaan Frederika Cull menjadi salah satu pemeran Layangan Putus, berperan sebagai Miranda?

Kapolri Impikan Polisi Punya Kemampuan Auditor Keuangan

Kapolri menyebutkan, pentingnya pemberian sertifikat CSFA untuk para perwira menengah dan perwira pertama Polri agar memiliki kemampuan untuk melakukan audit.

Tak Boleh Digunakan Berdagang, Kios Darurat Pasar Legi Solo Dibongkar

Pemkot Solo juga mengimbau pedang Pasar Legi yang belum pindah ke bangunan baru Pasar Legi untuk bisa memasuki pasar sebelum peresmian dilakukan

Alasan Bank BJB Optimistis Tatap 2022 Lebih Cerah

Bank BJB pada 2021 telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan digitalisasi sehongga berdampak pada pendapatan fee based income yang naik signifikan.

Mau Liat Indekos Jokowi hingga Mahfud MD di Jogja? Kunjungi Kampung Ini

Kelurahan Terban di Kota Jogja tengah mengembangkan konsep wisata nostalgia karena di daerah itu terdapat indekos yang pernah ditempati Presiden Jokowi.

Ahli Kepolisian: Penembakan Anggota Laskar FPI Seusai Prosedur

Penembakan empat anggota FPI yang dilakukan oleh dua polisi di Tol KM 50 tidak menyalahi prosedur karena insiden itu masuk kategori situasi ekstrem.

Ketimpangan Pengeluaran dan Pengaruh Buta Huruf Terhadap Kemiskinan

Angka ketimpangan pengeluaran dan rasio angka buta huruf dan pengaruhnya terhadap kemiskinan.

Kisah Dibalik Perubahan Nama Yusuf Mansur, Sama-Sama 2 Kali Dipenjara

Yusuf Mansur membeberkan kisah dibalik perubahan namanya dari Jam'an Nurchotib Mansur menjadi Yusuf Mansur, yakni sama-sama pernah dua kali dipenjara.