SOLOPOS.COM - Ilustrasi makanan sisa (News.com.au)

Solopos.com, SOLO – Beberapa di antara kita pastinya sering mendengar nasihat orang tua agar tak sembarangan membuang makanan. Nasihat mereka memang benar mengingat sebuah fakta yang dikeluarkan oleh Organisasi Pangan Dunia (FAO) yang memperkirakan ada sekitar 1,3 miliar ton makanan terbuang sia-sia.

Setidaknya kita bisa memberikan sedikit perubahan yang dimulai dari diri sendiri. Beberapa langkah mudah dapat Anda tempuh untuk mengurangi limbah makanan di rumah dan tentunya langkah ini bisa menghemat uang yang Anda keluarkan. Berikut langkah-langkahnya seperti dikutip News.com.au, Rabu (19/2/2014):

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gunakan Indera Anda
Kita dapat mengandalkan indera penciuman daripada hanya mengandalkan tanggal yang tertera pada bungkus makanan. Sistem penanggalan yang tertera di kemasan biasanya hanya untuk melindungi reputasi merek daripada keamanan makanan tersebut. Oleh karena itu, tanggal yang tertera di kemasan belum tentu menjadi suatu tanda pembusukan yang terjadi pada makakan tersebut.

Jangan Buang Bentuk yang Jelek
Jangan hanya memanfaatkan sayuran dan buah-buahan yang telihat bagus di luarnya. Sebenarnya kita bisa memanfaatkan makanan tersebut dengan membuang bagian-bagian tententu yang memang telah mengalami pembusukan.

Jadilah Kreatif
Sayuran yang telah layu jangan langung Anda buang, karena sebenarnya makanan tersebut masih bisa dimanfaatkan menjadi makanan yang lezat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakannya sebagai bahan dalam membuat tumis atau memanggang makanan sayuran layu tersebut bersama dengan roti.

Mengurangi Jumlah Pembelian
Bersikaplah cerdas dalam mengelola makanan yang Anda beli. Membeli makanan secukupnya untuk beberapa hari ke depan dapat mengurangi makanan risiko makanan terbuang sia-sia.

Bagikan Tips
Didiklah anak-anak agar tak mudah-mudah membuang makanan yang mereka anggap tak bagus. Bagikan tips ini kepada teman-teman maupun keluarga agar bisa menerapkan hal yang sama.

Perubahan kecil pada tindakan sehari-hari kita dapat membuat dampak besar bagi keuangan Anda dan kesehatan masyarakat. Buatlah satu atau bahkan semua mencoba, dan jadikan Anda sebagai bagian solusi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya