SOLOPOS.COM - Ilustrasi stres kerja (Dok/JIBI)

Tips hidup bahagia kali ini terkait pengambilan keputusan di kala stres melanda.

Solopos.com, SOLO – Stres dapat merusak kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan penting secara bijak. Inilah yang menyebabkan seseorang memerlukan strategi mengelola stres agar dapat membuat keputusan yang tepat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Stres dalam bahasa Indonesia bisa dimaknai sebagai gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar alias ketegangan. Berikut ini adalah trik sederhana yang dapat dilakukan seseorang saat harus membuat keputusan di kala stres melanda.

Trik sederhana itu, Jumat (8/5/2015), dikutip Huffingtonpost dari pendapat Tyler Tervooren, seorang peneliti di bidang psikologi yang dimuat laman Riskology.co. Simak dan terapkan jika Anda yakin bermanfaat.

Jangan Biarkan Stres Menguasai Pikiran
Saat dilanda stres, seseorang cenderung dikuasai oleh emosinya. Hal inilah yang menyebabkan orang tersebut menjadi lebih cepat marah. Apabila keadaan ini dibiarkan berlarut-larut, tentu akan berbahaya bagi kehidupan. Orang yang sedang dilanda stres tidak bisa berpikir secara jernih. Ia sering kali merasa amat tertekan dengan masalah yang dihadapinya.
Oleh karena itu, ketika sedang stres, jangan sekali-kali membuat keputusan. Jika seseorang nekat mengambil keputusan, bisa jadi hasilnya tidak akan memuaskan di kemudian hari. Sekali lagi, jangan biarkan stres menguasai pikiran. Cobalah menenangkan diri sejenak sebelum mengambil suatu keputusan.

Luangkan 30 Menit untuk Beristirahat
Ketika sedang stres, seseorang cenderung lebih mudah menyerah pada keadaan. Untuk mengatasinya, bersantailah sejenak sambil menonton televisi, membaca buku, atau sekadar mendengarkan lagu yang dapat menenangkan pikiran. Setelah merasa relaks, pikirkanlah kembali keputusan yang akan diambil. Jangan sampai keputusan itu menimbulkan masalah di kemudian hari.

Diskusikanlah Keputusan Anda dengan Teman
Kualitas hidup sangat bergantung pada kemampuan seseorang dalam membuat pilihan. Ketika stres melanda, seseorang tidak mungkin bisa membuat pilihan yang tepat. Keadaan ini terkadang membuatnya harus bertanya atau berbagi cerita dengan seorang teman yang dipercaya.
Berbagi cerita dengan teman akan membuat seseorang sedikit lebih relaks. Ia dapat melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang ketika pikiran jernih dan tenang. Ketika pikiran sudah jernih, maka ia dapat memutuskan segala sesuatunya dengan lebih bijak. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya