SOLOPOS.COM - Ilustrasi gembira berbelanja, konon berbelanja bisa mengusir kesedihan (Dok)

Solopos.com, SOLO – Jika Anda tengah merasa sedih, ada cara jitu untuk mengatasinya yakni berbelanja. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti dari Amerika Serikat terungkap fakta bahwa berbelanja dapat mengusir rasa sedih.

Dilansir Daily Mail, Senin (27/1/2014), penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti dari University of Michigan, Amerika Serikat itu mengungkapkan rasa sedih dapat segera pulih setelah seseorang berbelanja atau membeli suatu barang. Hasil penelitian itu bahkan mengklaim membeli barang tertentu dapat menyembuhkan rasa sedih seseorang hingga 40 kali lebih efektif daripada hanya melihat-lihat barang tertentu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini dapat terjadi karena seseorang yang sedang berbelanja dapat menikmati perasaan positif ketika memikirkan barang yang hendak mereka beli. Rasa ingin tahu mereka terhadap suatu barang itulah yang dapat memperbaiki suasana hati seseorang.

Namun, para peneliti menambahkan hingga saat ini masih belum jelas apakah setelah berbelanja dapat memberikan efek yang luar biasa atau hanya bersifat sementara yang akan segera berlalu seiring dengan bertambahnya waktu.“Pekerjaan kami menunjukkan bahwa berbelanja dapat membantu mengembalikan rasa kontrol pribadi atas lingkungan seseorang dan mengurangi kesedihan,” ungkap salah seorang peneliti itu.

Publikasi hasil temuan itu bukannya tanpa kontroversi. Nyatanya, sempat muncul kritik dari sejumlah orang yang mengatakan berbelanja bukan merupakan cara efektif mengusir kesedihan. Berbelanja merupakan sebuah perilaku boros yang terlalu negatif jika diterapkan hanya sekadar untuk mengusir kesedihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya