SOLOPOS.COM - Ilustrasi pacaran (Dok/JIBI)

Ilustrasi pacaran (Dok/JIBI)

JAKARTA—Anda sedang patah hati? Dikhianati? Disakiti dan diputus secara sepihah? Pasti kondisi itu menyakitkan hati Anda. Ada baiknya untuk memgobati patah hati dengarkanlah lagu sedih. Benarkah kedua hal itu berhubungan?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Consumer Research pada 2013 menunjukkan, bahwa orang cenderung mendengarkan lagu dan musik berdasarkan pengalaman terkininya. Misal saja, seseorang yang sedang merasa frustrasi pada orang lain akan memilih untuk mendengarkan musik keras untuk menunjukkan kemarahan.

Ekspedisi Mudik 2024

Sama halnya dengan mereka yang baru saja mengalami patah hati akan memilih lagu-lagu sedih. Menurut penelitian itu pula, orang yang patah hati lebih memilih untuk mendengarkan musik sedih ketimbang harus menangis atau cerita ke teman terdekat.

“Preferensi musik menunjukkan seberapa sosial kita. Musik yang ingin kita dengarkan sebenarnya serupa dengan orang yang kita inginkan untuk bersama. Lebih jauh lagi, musik yang kita dengarkan dipengaruhi oleh bagaimana kita diperlakukan oleh orang lain,” kata peneliti Chan Jean Lee, PhD, dari Sekolah Bisnis KAIST di Seoul, Korea Selatan.

Sementara itu, Danielle Grant, seorang mahasiswa teknik kimia, mengatakan pilihan musik bisa berubah begitu rasa sedih perlahan-lahan jadi bahagia. Lagu-lagu sedih, seperti Jar of Hearts dari Christina Perri, Someone Like You milik Adele, atau When I Was Your Man dari Bruno Mars, bisa berubah menjadi lagu yang lebih bahagia.

“Saya mendengarkan lagu sesuai dengan mood. Musik bisa membantu saya melalui berbagai situasi, termasuk ketika sedang merasa depresi,” ujarnya.

Dia pun beranggapan album Red dari Taylor Swift juga merupakan album dengan kumpulan lagu yang bisa membuat orang lebih mudah menghadapi patah hati.

“Tampaknya semua lagu di album itu mendeskripsikan apa yang saya alami. Saya merasa setiap lagunya bisa berhubungan dengan situasi saya. Rasanya sama seperti sedang bicara dengan sahabat, di mana mereka juga mengalami situasi yang sama dengan kita,” jelasnya lagi.

Musik yang dipilih Grant mungkin bisa berbeda dengan yang Anda rasakan. Anda harus bisa memilih lagu dan musik yang tepat, di mana Anda bisa berhubungan atau mengekspresikan pengalaman diri sendiri.

Walaupun patah hati rasanya seperti akhir dunia, rasa sedih itu hanyalah sementara. Jadi ketika Anda merasa sedih, tak ada salahnya memutar lagu-lagu sedih yang bisa membantu Anda untuk memandang hari esok lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya