SOLOPOS.COM - Ilustrasi menangis (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi menangis (Dok/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA—Kesedihan bisa dialami siapa saja, tapi jangan sampai kesedihan itu menghancurkan hidup Anda.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cobalah atasi rasa sedih dengan beberapa cara berikut, sesuaikan saja dengan kepribadian Anda atau yang menurut Anda paling cocok.

Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri

Untuk bisa ke tahap penerimaan, Anda harus melewati beberapa tahap kesedihan. Jadi beri waktu bagi diri sendiri untuk merasa marah, frustrasi, kecewa, sedih, atau ketakutan. Ini merupakan tahapan yang memang harus dilalui supaya Anda bisa melangkah ke tahap terakhir, yaitu penerimaan.

Anda sendiri yang bisa mengetahui waktu yang cukup untuk melewati tahapan kesedihan itu dan jangan sampai Anda terjebak di dalamnya.

Keluarkan emosi Anda

Jika Anda menyimpan emosi untuk diri sendiri, maka rasa sedih itu akan ‘menggerogoti’ diri Anda dari dalam. Tak ada salahnya membicarakan kesedihan dengan orang terdekat yang bisa Anda percaya, baik sahabat maupun keluarga. Carilah seseorang yang bisa jujur kepada Anda, namun bisa bersikap netral dan tidak menilai.

Lakukan Sesuatu yang Anda Nikmati

Coba ingat lagi, kegiatan apa yang paling Anda nikmati. Lakukan kegiatan itu untuk menjadi pengalihan dari rasa sedih Anda. Jika belum menemukan kegiatan, maka carilah. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, misalnya ikut komunitas fotografi, menggalang dana amal bersama teman, dan lain sebagainya.

Cerita dengan Orang yang Pernah Mengalami Hal Sama

Apabila Anda mengenal seseorang yang pernah mengalami hal sama dengan Anda, maka bicaralah dengannya. Meminta saran atau bercerita dengan orang yang tahu persis apa yang sedang Anda alami, akan lebih baik karena mereka lebih tahu mengenai proses kesedihan yang Anda alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya