TIPS HERBAL: Mari Segarkan Kulit dengan Tomat
ilustrasi
ilustrasi

Segar buah tomat tidak hanya bisa dirasakan ketika dimakan atau dibuat minuman. Buah merah kekuningan itu memiliki khasiat besar untuk membantu menyegarkan kulit.

Menjadi bahan alami kosmetik kulit, tomat bekerja lewat kandungan lycopene yang ada didalamnya. Zat itu secara kesehatan merupakan antioksidan yang bisa berkerja sebagai tabir surya yang melindungi kelembaban kulit tubuh.

“Vitaminnya bisa menyegarkan kulit kusam, menghilangkan jerawat dan merawat pori-pori pada kulit,” terang konsultan kecantikan di Jogja, Aulia Runi, Sabtu (14/7). Disampaikan dia, dengan konsumsi rutin tomat segar yang utuh, khasiatnya akan bekerja membantu mencegah kerusakan sel sehingga kulit kusam, keriput dan kering akan terhindar sementara kandungan antioksidannya juga bermanfaat sebagai anti-penuaan. Dengan cara itu warna kulit akan tampak lebih cerah.

Selain konsumsi secara langsung, tomat segar juga bekerja dari luar sebagai kosmetik alami. Cara sederhana yang dilakukan yakni dengan membelah tomat menjadi dua atau empat bagian dan mengusapkannya merata ke kulit wajah. Jika waktu memungkinkan, lakukan juga untuk kulit tubuh lainnya.

Cara mudah dan murah itu, menurut Aulia, bisa dilakukan untuk mereka yang padat dengan jam kerja dan tidak sempat melakukan perawatan di salon. Terlebih, untuk kulit yang terlalu sering berada di dalam ruangan berpendingin maupun terkena sinar matahari secara langsung. Soalnya, udara kering dan panas matahari yang menyengat akan mengganggu keseimbangan kelembaban kulit tubuh terutama bagian wajah.

Menurut Aulia, sengatan matahari bisa membakar kulit yang berakibat munculnya efek kemerahan, gatal, dan kering karena paparan sinar matahari. Lewat sentukan parutan tomat yang dicampur sedikit yogurt polos, maka kelembabannya akan kembali. Parutan tomat akan mendinginkan kulit dan menetralkan permukaan kulit, sementara yoghurt memberi protein yang sangat dibutuhkan kulit.

Cara mudah itu sudah dilakukan Puspita, 26, dengan melakukan rutinitas masker alami dua atau tiga kali dalam seminggu. Diakuinya, selama ini ia melakukan perawatan dengan menggunakan produk kecantikan khusus. “Ada yang menyarankan sederhana pakai tomat plus yoghurt, kebetulan mudah dicari dan saya ada waktu. Saya selang-seling dengan produk, hasilnya segar saja, tidak banyak keluhan jerawat atau minyak di kulit muka,” katanya.

Jika dilihat dari manfaat perawatan kulit, keasaman tomat memang membantu mengurangi kotoran dan membersihkan jerawat. Terlebih, pada buah itu terdapat kandungan vitamin A dan vitamin C yang juga banyak ditemukan pada obat jerawat.

Beberapa manfaat tomat untuk kesehatan kulit

1. Mengatasi kulit berminyak
- Parut tomat segar dan saring
- Tambahkan jus ketimun ukuran kecil
- Oleskan campuran tomat dan timun menggunakan kapas
- Bilas dengan air hangat bila sudah mengering

2. Menghilangkan komedo
- Parut tomat dan alpukat secukupnya
- Oleskan ke wajah terutama bagian paling kotor yang berkomedo
- Bersihkan dengan air hangat jika sudah mengering
- Zat buah tomat bekerja sebagai zat pengusir komedo dan mengurangi minyak, alpukat memiliki efek antiseptik dan pelembab

3. Mengecilkan pori-pori kulit yang membesar
- Ambil satu sendok makan jus tomat segar
- Tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar
- Oleskan ke wajah merata
- Lakukan pemijitan gerakan melingkar dan biarkan selama sekitar 15 menit
- Bilas dengan air dingin

4. Membuat kulit bercahaya
- Campur madu dengan jus tomat sampai mengental
- Oleskan campuran pada wajah dan bagian kulit yang diinginkan
- Bersihkan setelah 15 menit untuk mendapatkan kulit lebih halus dan lembab.

Diolah dari berbagai sumber



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom