SOLOPOS.COM - ilustrasi (bisnisukm.com)

ilustrasi (bisnisukm.com)

Kurma tidak hanya menyimpan kadar gula sehat untuk tubuh. Buah dengan rasa manis itu juga berkhasiat menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Minggu terakhir masa puasa masih banyak dijumpai buah kurma kering di pasaran. Buah berwarna kecokelatan itu banyak disarankan sebagai camilan berbuka puasa karena kandungan gulanya yang tinggi dan alami.

“Sebenarnya pas juga jadi santapan Lebaran karena banyak makanan berlemak yang perlu diimbangi makanan serat,” kata distributor JogjaKurma, Bukhari, saat dihubungi Harian Jogja, Senin (13/8). Buah kurma memang kaya serat yang berfungsi mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam usus.

Gula yang terkandung bersifat sederhana dan sangat mudah dicerna juga cepat mengisi ulang energi tubuh. Menurut Bukhari, kurma juga mengandung kalori dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan. “Jadi bisa dipilih sebagai bahan herbal untuk mengimbangi makanan berlemak saat Hari Raya,” lanjut warga Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul itu.

Kurma memiliki kandungan kalori, nonlemak dan nonkolesterol. Buah khas Timur Tengah itu juga mengandung protein, karbohidrat dan serat yang mencukupi untuk pemenuhan gizi pengonsumsinya.

“Yang pasti sifatnya membangkitkan energi karena ada muatan vitamin B3 dan Vitamin B2,” jelas konsultan gizi, Ristinawati.

Ia juga mengatakan, buah kering itu memiliki kandungan mineral yang baik untuk membantu sirkulasi oksigen di dalam tubuh. Di samping itu, unsur mineral dalam buah yakni magnesium, zat besi dan fosfor dapat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Kurma juga menjadi sumber vitamin A, Ristina mengatakan, kadar vitamin yang terkandung memiliki sifat antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Antioksidan lainnya yakni jenis tanin yang bersifat antiinfeksi dan antiperadangan.

Khasiat Kurma

1. Kurma segar atau basah
– Mengandung kadar air dan vitamin yang lebih banyak
– Tetapi rendah kandungan energi
– Kandungan gula kurma basah mudah dicerna tubuh
– Bermanfaat mengontrol gerak rahim
– Menambah masa kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi
– Mencegah pendarahan pada perempuan ketika melahirkan

2. Kurma kering
– Kandungan energi siap pakai tinggi
– Kandungan air dan beberapa vitamin lebih rendah
– Kandungan vitamin C-nya hilang
– Berfungsi menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing
– Mengandung serabut-serabut yang mengontrol gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan

Diolah dari berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya