SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

ilustrasi

Daun pepaya bisa dijadikan ramuan penghalus kulit wajah. Senyawa dalam daun hijau berasa pahit itu dipercaya mengembalikan sel mati pada kulit wajah karena kotor atau jerawat.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Terapis akupuntur yang praktik di daerah Wirosaban Jogja, Dwi Lidia, menguraikan daun pepaya kerap dijadikan bahan masker wajah. “Khasiatnya juga sama untuk kesehatan kulit wajah,” jelasnya di salon kecantikan herbal di Condong Catur, baru-baru ini.

Lidia mengatakan daun pepaya memang belum banyak diolah menjadi produk herbal terutama untuk masker. Tetapi daun pepaya sudah mulai dipraktikkan untuk menjaga kesegaran wajah.

Warga Sewon, Charita Sari mengatakan, cara mengusir bekas jerawat dengan daun pepaya cukup ampuh meski lama .

Adapun pembuatan masker cukup mudah, caranya sediakan dua atau tiga lembar daun pepaya tua, lalu jemur hingga layu. “Daun layu dihaluskan atau tumbuk dan campuri sedikit air biar mudah menempel di wajah,” lanjutnya.

Pemasangan masker yakni menempelkan tumbukan daun papaya yang sudah dicampur air pada bagian wajah yang berjerawat. Jika masker dirasa sudah agak mengering lalu bilas dengan air bersih. Menurutnya memang butuh ketelatenan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sari menilai setidaknya masker untuk terapi jerawat dilakukan setidaknya seminggu berturut-turut pada sore hari setelah beraktivitas. Disarankan saat membilas masker tidak menggunakan sabun karena justru akan menghilangkan khasiat daun pepaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya