SOLOPOS.COM - Milky way dalam karya fotografi Danang Dwi Saputra, dari Jogja Astro Club. (Foto istimewa)

Tips fotografi kali ini berupa hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memotret langit malam

Harianjogja.com, JOGJA– Punya kamera biasa tapi ingin mengabadikan pemandangan Milky Way? tidak perlu meminjam, menyewa apalagi membeli kamera canggih dan sejumlah alat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Danang Dwi Saputra, dari Jogja Astro Club mengatakan, apabila hanya memiliki kamera DSLR dengan lensa bawaan atau lensa kit, sudah bisa dipakai untuk mengabadikan keindahan langit di musim kemarau. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti untuk mengabadikan Milky Way.

1. Pastikan Langit Cerah
Milky Way hanya dapat tampak dan bisa difoto ketika langit dalam kondisi cerah. Momen yang tepat adalah saat ini, di musim kemarau. Hamparan bintang akan tampak jelas, apalagi jika kondisi lingkungan juga benar-benar gelap.

2. Cek Posisi Galaksi
Riset itu penting, jadi pertama-tama cari dulu posisi Milky Way. Milky Way tidak selalu berada di lokasi tempat kamu berada. Jadi enggak ada salahnya mencari tahu dulu posisi milky way dengan bantuan aplikasi seperti stellarium atau sky guide.

3. Lokasi jauh dari polusi cahaya
Jogja memiliki banyak lokasi strategis yang bisa dijadikan tempat untuk mengabadikan Milky Way atau Galaksi Bima Sakti. Kawasan pantai di Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo memiliki tempat yang lapang dan gelap. Atau ke kawasan pegunungan, jarak bintang jadi lebih dekat. Seperti kawasan lereng Gunung Merapi atau Puncak Suroloyo.

4. Kamera DSLR
Asalkan kamera DSLR sudah bisa digunakan untuk mengabadikan panorama bintang di langit. Jika, kalian ingin mengabadikan langit malam dengan jangkauan lebih panjang, dari selatan ke utara, maka gunakan lensa wide atau lebih lebar seperti fish eye dengan ukuran minimal 14 milimeter.

5. Pengaturan Kamera
Atur diafragma kamera di angka terkecil, misal f/2.8 atau f/3.5. ISO yang digunakan di atas 800ISO atau 1600ISO. Gunakan shutter speed 15 detik sampai 30 detik. Dapat juga menggunakan alat tambahan seperti star track.

6. Tripod Wajib
Meminimalisir guncangan atau blur, tripod tetap jadi peralatan utama yang enggak boleh ketinggalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya